Di Bulan Puasa, Saya Ingin Hal Ini

Bulan Ramadhan adalah bulan  yang paling ditunggu umat muslim sedunia. Bulan di mana kewajiban berpuasa dilakukan selama tiga puluh hari, bulan di mana ketika melakukan hal baik, diberi ganjaran pahala berlipat ganda.

Bukan berarti selain Ramadhan melakukan hal baik tidak mendapatkan pahala, namun di bulan puasa, ada keistimewaan yang diberi Allah SWT kepada umat Islam yang menjalankannya.

Hal dilakukan di bulan puasa
Hal dilakukan di bulan puasa


Sungguh rugi bila tidak memanfaatkan momentum Ramadhan dengan membaca Alqur'an, sedekah, menyantuni anak yatim, memberi bukaan kepada tetangga, berprilaku baik dan mengucapkan hal-hal bermanfaat.

Bagi saya, tentu juga ingin melakukan hal-hal bagi plus bermanfaat di bulan puasa ini. 

1. Khatam Alquran

Siapa yang tidak ingin Khatam Alquran, semua muslim pasti menginginkannya. Tapi sudah kodrat manusia bersifat lalai, ada saja hal dunia yang menarik hingga lupa untuk sekedar membaca satu juz. Momentum ini lah yang akan saya kejar selama Ramadhan, 30 hari ke depan. Insya Allah.

2. Kumpul Keluarga Besar

Sejak Covid melanda Indonesia, selama itu pula saya tetap di perantauan. Biasanya seminggu akan puasa kami nyekar ke makam orangtua, begitu juga setelah idul fitri. 

Kumpul dengan keluarga besar satu keinginan yang ingin saya lakukan di bulan puasa ini. Sayang, di saat hasrat menggebu, kesempatan ada, malah cuti diambang kritis. Cuti kerja menipis selalu karena si kecil sakit. Dan lagi, tahun ini saya belum diizinkan kumpul dengan keluarga besar.

3. Umroh

Ini adalah impian terbesar saya, umroh ke Baitullah saat puasa. Jauh sebelum pandemi, banyak promo yang bersiliweran di timeline media sosial saya, setali tiga uang dengan yang dilakukan masjid depan rumah, penawaran umroh sistem cicilan. Ingin menyisihkan rezeki, ada saja dana keluar yang tak terduga. 

Ketika pandemi melanda, hasrat itu sejenak terhenti, dengan adanya larangan umroh yang dicetuskan pemerintah Arab Saudi. Syukur Alhamdulillah, situasi sudah mulai membaik, keinginan itu pun muncul kembali.

4. Silaturahmi Bersama Teman Lama

Teman SD, SMP dan SMA hampir setengahnya bersekolah di tempat yang sama. Tahun 90-an masih menganut sistem rayon, yang otomatis, sebagian besar orang sama dari sekolah yang sama. Usai SMA, semua terpencar ke Jakarta, Jogja, Bandung dan Surabaya. Hanya beberapa stay di kota kelahiran. Sekian tahun berpisah, silaturahmi bersama teman lama adalah satu keinginan saya di bulan puasa ini.

5. Ikut BPN Challenge

2018 dulu pernah ikut BPN challenge dan mendapat mug cantik. Sempat vakum beberapa tahun. Dan Alhamdulillah, Ramadhan kali ini, harus ikut BPN Challenge, yang diadakan oleh Blogger Perempuan Network, setiap Ramadan tiba. Seru pokoknya, ada tema beda setiap hari. Lumayan la, belajar disiplin posting tiap hari. Mom blogger yang sempat vakum kayak saya, ikutan lagi yuk. Semangat tebar cerita di BPN Ramadan 2022.

Banyak memang ingin saya lakukan di Ramadan tahun ini. Membaiknya pandemi, saatnya mulai meyusun schedule dan list inprovement bagian dari resolusi, yang mudah-mudahan tidak bersambung hingga tahun depan.

Hope, kondisi Indonesia tetap stabil, semakin baik dan dihindarkan dari wabah, penyakit berbahaya, agar mudik aman tanpa hambatan. Kadang rindu ya, momen mudik di televisi? Siapa nih yang sama kayak saya?.

2 comments

  1. Sama kak. Saya juga kepengen bisa k tanah suci. Merasakan suasana Ramadan juga di sana. Semoga suatu hari keinginan kita bisa tercapai. aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pengen banget, tapi belum nemu waktu yang tepat, ngumpulin cuti dulu kayaknya.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.