Lima Kegiatan Bermanfaat di Bulan Puasa

Berpuasa bukan berarti harus bermalas malasan. Berpuasa, bukan berarti juga tidur seharian. Banyak hal bermanfaat bisa dilakukan, walau tubuh dalam kondisi lemah.

Salah satu hal bermanfaat tersebut adalah dianjurkannya memperbanyak amal ibadah, seperti sedekah, membaca alquran dan terjemahan, mengerjakan sholat sunnah serta tahajud, dengan balasan pahala yang berlipat ganda.
Lima Kegiatan Bermanfaat Saat Bulan Puasa
5 kegiatan bulan puasa


Namun, di balik ritual spiritual yang baik dilakukan saat bulan Ramadhan, ada juga 5 kegiatan bermanfaat lain, yang bisa dilakukan ketika berpuasa. Apa saja kegiatan tersebut?

1. Planning Program Diet

Kesal gak sih, diet ketat, tapi kurangnya cuma dikit? Mungkin ada yang salah dengan cara diet kamu. Atau, bisa juga diet makanan tertentu, tapi makanan tinggi lemak, tetap disantap.
  
Coba program diet deh di puasa kali ini. Di mulai dengan membuat schedule setelah buka makan A, atau besoknya B, dan seterusnya.

Dari segi medis, puasa satu treatment alami tubuh, untuk mengurangi lemak jahat. Memprogram diet saat puasa, tidak hanya efektif membatasi jam makan saja, tapi juga meningkatkan pembakaran lemak, mengurangi nafsu makan, dan mengurangi peradangan.

Program diet satu kegiatan bermanfaat saat puasa untuk kamu yang ingin terlihat langsing saat lebaran nanti.

2. Bereksperimen dengan Makanan

Bulan Ramadhan adalah waktu yang baik untuk bereksperimen dengan berbagai menu. Di mana selama 30 hari ke depan kita dihadapkan dengan sahur, buka puasa yang tentunya dengan tersajinya variasi menu.

Beruntung jika tangan sudah terlatih meramu masakan, menu apapun bisa langsung dikreasikan dengan gaya sendiri. Namun jika masih tahap belajar, mencoba resep turun temurun juga bisa kok dipraktekkan.

Dari media sosial pun, banyak banget bertebaran resep baru yang sayang dilewatkan buat kamu yang hobi mencoba kuliner baru. So, bereksperimen dengan resep baru satu kegiatan yang bermanfaat saat puasa. 

3. Membaca Buku

Membaca Alquran adalah mutlak dilakukan saat Ramadhan. Tak hanya Ramadhan saja, setiap hari pun kita dianjurkan membaca quran. Namun di samping membaca quran ada bacaan lain yang bisa dilakukan sembari menunggu waktu berbuka.

Salah satu bacaan terbaik adalah buku Muslim Produktif karya Muhammad Faris. Buku yang cukup memberi inspirasi kita sebagai umat Muslim.

Buku ini bercerita bagaimana seorang muslim, kita didorong untuk mengejar kesuksesan baik di dunia maupun di akhirat. Bahkan, kita dipanggil untuk sukses lima kali sehari dalam azan. Dan salah satu kunci sukses adalah produktif. 

4. Live Shopping Baju Muslim

Yang sedang menggapai rupiah, live shopping baju muslim satu kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan saat puasa. 

Seperti yang kita tau, setelah puasa umat muslim akan merayakan lebaran. Lebaran di Indonesia identik dengan baju baru, yang otomatis pangsa pasar lebih dominan baju yang bernuansa islami. 

Live shopping via media sosial, satu kegiatan bermanfaat saat puasa bagi kamu yang punya butik atau toko yamg bernuansa islami.

5. Mengoleksi Tanaman Hias

Sebenarnya saya suka tanaman. Tapi tinggal di komplek perumahan menengah ke bawah, ruang untuk mengoleksi tanaman tidak mencukupi. Metode digantung dan dibuat bertingkat cukup efektif demi memanfaatkan lahan sisa. 

Apalagi saat puasa ini, merawat tanaman hias satu kegiatan rutin sepulang kerja menunggu berbuka puasa. Kalau main ke rumah teman, eh liat bunga bagus minta dong. Alhamdulillah masih dikasih, mudah-mudahan tidak sampai ada tulisan, cukup bertamu, dilarang minta bunga. Hadeeuh..

Nah, itulah kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan saat berpuasa. Share dong cerita kamu?

No comments

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.