Puasa Saat Pandemi, Coba Tips Ini!

Dua bulan menjelang Ramadhan 2020, pandemi COVID-19 menyerang Indonesia. Seketika, terjadi perubahan besar dalam  lapisan masyarakat dari berbagai aspek. Dari sebelumnya leluasa keluar rumah, menjadi harus menerapkan protokol kesehatan. 

Dua tahun berlalu, saat ini pun kita masih belum keluar dari pandemi. Meski sudah 70 persen masyarakat melakukan vaksinasi, dan PPKM sudah dilonggarkan, bukan berarti kita abai akan protokol kesehatan.

Puasa saat pandemi
Puasa saat pandemi


Disiplin prokes wajib dilakukan selama berpuasa dan saat menjalankan ibadah sholat tarawih. Jaga kebersihan diri sendiri. Jangan pernah lalai, egois ataupun tak peduli lingkungan sekitar. Sekali terimbas, lingkungan sekitar akan terkena dampaknya. 

Oleh sebab itu, di Ramadhan 1443 H, kita berusaha melawan virus corona, agar puasa khusuk dan ibadah lancar jaya.

Ada beberapa tips, agar puasa dan ibadah selama Ramadhan 2022 ini lancar tanpa kendala.

1. Perhatikan Asupan Makanan

Menahan haus lapar selama 13 jam, berbuka adalah saatnya mengganti kalori dengan asupan makanan bergizi. Nutrisi pada makanan dapat mengembalikan kekuatan tubuh yang hilang.

Ada baiknya meningkatkan porsi makanan sehat saat sahur dan berbuka. Kurma, buah-buahan, sayuran, protein dari daging ayam, tahu dan telur beberapa makanan yang baik dikonsumsi. Hindari makan gorengan dan makanan terlalu manis, yang membuat tubuh loyo, lemes ketika puasa esok harinya.

2. Optimalkan Cairan Tubuh

Minum segelas air putih saat berbuka, akan lebih afdol di banding segelas air es. Air es akan membuat tubuh cepat kenyang, hingga asupan karbo lebih sedikit. 

Tidak ada larangan minum air es ketika. berbuka. Namun konsumsi lah sesudah minum air putih. Usahakan minum 8 gelas air menjelang tidur atau bisa mengkonsumsi air kelapa muda yang dipercaya dapat mengganti cairan tubuh yang hilang saat berpuasa.

3. Tidur Yang Cukup

Saat Ramadhan, jatah tidur akan berkurang dengan adanya tarawih dan witir setelah isya. Dini hari pun harus bangun untuk sahur. Ditambah working moms harus berangkat kerja pagi harinya. 

Terkadang susah membagi waktu istirahat.

Menyiasatinya, setelah tarawih optimalkan waktu untuk tidur lebih cepat. Hindari begadang atau bermain medsos kelamaan yang membuat waktu terbuang sia sia.

Di tempat kerja pun optimalkan tidur ketika lunch break. Tidur lelap 15 menit, cukup mengembalikan stamina tubuh.

4. Lakukan Olahraga Ringan

Olahraga tentu membawa dampak positif pada tubuh. Selain membuat tubuh tetap sehat, olahraga juga bisa menghilangkan stres. Satu jam sebelum berbuka, usahakan olahraga ringan seperti jogging, lari atau bersepeda santai. Namun sesuaikan dengan kemampuan tubuh.

Namun, jika kamu kaum rebahan, olahraga ringan di rumah pun bisa dilakukan kok. Banyak  banget malah platform yang menyediakan jenis olahraga ringan saat puasa. Tinggal pilih sesuai selera.

5. Jika Perlu Konsumsi Vitamin

Asupan vitamin sudah didapatkan ketika mengkonsumsi buah dan sayuran. Namun jika perlu, konsumsi lah vitamin sesuai kebutuhan tubuh, demi fit saat beraktivitas saat berpuasa.

Lima tips di atas cukup efektif berpuasa di saat pandemi. Tetap jaga kebersihan, demi memutus mata rantai penyebaran virus corona. 

Selamat berpuasa.


No comments

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.