Tips Blogging yang Perlu diterapkan di Blog

Banyak tips blogging yang ingin saya terapkan, untuk memaksimalkan kinerja blog. Tahapan awal, saya sudah belajar bagaimana cara membuat blog gratisan di blogger.com, wordpress, dan menggunakan free template sebagai penghias blog.

Dulu, pertama kali ngeblog 2016, tulisan masih amburadul. Isi artikel masih dua ratusan kata, itupun antara paragraf pertama dan kedua gak ada korelasinya. Pokoknya tulis, ada yang baca atau gak, urusan belakangan. Maklum masih newbie.

Tips blogging
Tips blogging

Blog pertama tentu banyak topik di kepala yang akan dituangkan menjadi sebuah tulisan. Apapun ditulis yang penting ide di kepala sudah tersalurkan. Apa itu SEO, artikel masuk rank google atau tidak, belum ada pemikiran sejauh itu.

Namun seiring bertambahnya usia blog, dan bertambahnya pengetahuan saya seputar dunia blogging, perlahan tatanan blog mulai dirubah, salah satunya membuat artikel minimal 500 kata.

Saya mulai mengenal satu persatu istilah blogging. On page, off page, DA, PA, DR, spam score, broken link, internal link, blog walking, artikel unik menarik, yang bagus secara SEO, serta content placement.

Menerapkan istilah di atas ke dalam blog, tidak semudah membalik telapak tangan. Perlu belajar dari ahli membenahi on page atau bisa mengikuti pelatihan seputar kode-kode blog, agar sesuai dengan algoritma google.

Menyesuaikan, belum tentu bagus secara SEO. Nah, di bawah ini ada beberapa tips blogging tentang apa yang ingin saya terapkan di blog. Walaupun belum tentu menjadi peringkat utama, setidaknya saya sudah berusaha menyesuaikan berdasarkan algoritma yang diminta. Apa saja itu?

1. Menulis Secara SEO

Menulis secara SEO salah satu tips blogging yang akan saya perbaiki setiap hari. Banyak blogger yang mengatakan menulis lebih lima ratus kata, akan bagus secara SEO.

Anggapan tersebut tidak lah salah, semakin panjang artikel tentu akan semakin bagus secara SEO. Namun struktur konten jadi perhatian utama, bagaimana pembaca tidak hanya singgah, namun juga betah di blog kita.

Ada beberapa hal yang perlu jadi perhatian agar artikel bagus secara SEO.

  • Pilih topik menarik, kalau bisa yan sedang tren saat itu.
  • Lakukan riset, tulis secara fakta.
  • Buat judul menarik, agar pembaca tertarik untuk nge-klik.
  • Gunakan dua gambar, agar pembaca tidak hanya membaca, tapi juga berimajinasi melalui gambar
  • Sebelum posting, sebaiknya baca isi keseluruhan, dan lakukan edit pada bagian yang dirasa kurang pas.

Pemilihan kata kunci tertinggi sebagai pengisi artikel juga baik secara SEO, namun hal ini belum maksimal saya kerjakan, masih perlu trik, agar konten bisa dilirik search engine. Salah satunya menulis secara SEO.

2. Memperbanyak Konten Organik

Salah satu tujuan mengikuti blog challenge BPN ramadan 2022 adalah memperbanyak konten organik.

Konten organik salah satu cara meningkatkan visibility blog di mata pencari. Mesin pencari akan mengaggap blog kita selalu ada pembaharuan dengan adanya postingan rutin yang berkualitas dari web kita.

3. Ingin Audit Blog

Seperti kendaraan yang perlu dicek setiap onderdilnya, demikian juga blog yamg perlu di audit kesehatannya. Sejauh mana blog bagus tidak hanya off page tapi juga on page. Tujuannya tentu saja agar tau, blog kita dirayapi google atau tidak. So, saya rasa penting banget menerapkan audit blog, setidaknya sekali setahun. 

Itulah tips versi saya yang akan diterapkan di blog. Berusaha yang terbaik, tidak ada salahnya kan?


No comments

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.