Skip to main content

Yuk, Intip Baju Lebaran Kekinian

Berburu pakaian baru menjelang lebaran, sudah menjadi tradisi sebagian besar masyarakat kita. Hal ini disebabkan, momentum lebaran kerap dijadikan ajang kumpul keluarga besar untuk bersilaturahmi. Tidak hanya sekedar silaturahmi saja, tapi juga ajang menampilkan pakaian terbaik.

Memilih pakaian terbaik untuk dikenakan di hari yang fitri, sangat dianjurkan. Sesuai dengan riwayat sahabat nabi yang menyebutkan, pada hari raya dianjurkan untuk mempercantik diri (berhias, memakai wewangian) dan memakai baju yang terbaik. Jika tidak ada baju baru, boleh mengenakan baju lama yang kita punya, namun tetap pilihan yang terbaik.

Jadi bisa disimpulkan, bahwa jika seseorang berhias memakai baju baru saat hari raya merupakan sunnah. Namun perlu diingat, memakai baju baru harus dilandasi niat untuk berhias dengan pakaian terbaik dalam memuliakan hari raya, atau memuliakan tamu.

Namun, jika memakai pakaian baru dengan niat menyombongkan diri di hadapan orang-orang, maka hal tersebut malah bisa merusak hakikat hari raya sendiri. (islami.co)

Baju lebaran kekinian
Baju lebaran kekinian


Saat ini, memilih baju terbaik lebaran tidak hanya sekedar bagus dipandang mata saja, namun memilih bahan yang nyaman dan aman, juga menjadi faktor penentu, agar ajang kumpul keluarga berjalan istimewa.

Lihatlah, di pasar, mall, butik baju muslim, penuh sesak dengan orang memilih baju lebaran. Namun tak sedikit juga mereka yang memilih belanja online sebagai alternatif kenyamanan berbelanja.

Di bawah ini ada beberapa ide baju lebaran ketika hari H tiba.

1. Korean Style ala Ayana Moon

Gaya ala Ayana Moon, bisa jadi pilihan untuk berlebaran tahun ini. Ayana kerap membagikan aktivitas kesehariannya di instagram,dengan tampilan outfit muslim kece yang simpel. Salah satu poto ootd yang mencuri perhatian saya, atasan kemeja hitam dengan rok hitam putih yang modis untuk dipakai. Untuk lebaran yang identik dengan nuansa putih, atasan bisa diganti dengan kemeja putih gombrong, dengan rok yang sama. Jilbab lilit mocca dan ballerina shoes atau mules, bikin ootd lebaran jadi seru.

2. Gamis

Dulu saya gak suka pake gamis, model layaknya jubah, motif old fashion, kesannya ibu-ibu banget. Seiring berkembangnya fashion muslim, gamis tidak lagi menjadi ciri khas ibu-ibu. Model dan tampilan gamis sekarang ini lebih trendi, cocok dipakai siapa saja. Selain itu bahan bagus, motif kekinian dan harga yang bersabat, bisa dipakai berlebaran tahun ini. Pilihan gamis coklat , dengan hijab pasmina hitam polos dan sling back heel boleh juga menambah kecerian kumpul keluarga.

4. Long outer and dress

Pilihan Long outer plus hijau yang dipadukan warna senada, menambah chik penampilan kamu. Hijab dengan warna cream atau merah maroon yang dipadukan sepatu T-Strap atau kitten hill, memosona di hari lebaran bisa kamu rasakan. 

5. Brokat

Brokat ini sebenarnya bahan untuk membuat kebaya, namun sekarang banyak dikreasikan menjadi ide baju lebaran. Seperti gaun pesta, kebaya brokat, baju lebaran, baju bodo, blus dan rok wanita serta banyak lagi lainnya Tampilan mewah dengan variasi motif, membuat wanita lebih tertarik menggunakannya. 

Sedangkan untuk lebaran, dress brokat nyaman bisa jadi pilihan terbaik untuk kumpul keluarga. Dress warna dusty pink atau pink lilac, bikin hari lebaran makin berkesan. Dengan tambahan jilbab pasmina pink mouvelous 

6. Kaftan

Kaftan adalah model pakaian berpotongan longgar dan panjang dari Persia, yang berbahan dasar sutera, wol, katun dan dilengkapi sabuk. Memilih kaftan sebagai baju Lebaran adalah pilihan yang tepat,  karena sisi praktisnya yang longgar, motif yang cocok segala usia, serta detail cantik pada kaftan yang cocok meramaikan acara kumpul keluarga kamu. Banyak pilihan kaftan di market place mulai dari sendiri ataupun sarimbit keluarga. tinggal diccocokan dengan isi kantong ya.


baju lebaran
baju lebaran


Pemilihan bahan berkualitas sangat cocok ide baju lebaran tahun ini. Berkualitas tentu saja harga sesuai kualitas yang dipilih. Bila tidak sesuai dengan ukuran kantong, sebaiknya pilih setingkat di bawahnya. 

Sesuai yang diriwatkan sahabat nabi di atas, pakaian terbaik sebagai sunnah hari raya, bukan pakaian mahal dan berkualitas


Comments