Belajar Flight Simulator di HUT Blogger Kepri ke-8


Blogger di Flybest Academy
Blogger Kepri di Flybest Academy Batam

Ketegangan terjadi ketika masuk ruangan kockpit. Di depan, landasan pacu bandara Hang Nadim membentang luas seakan bersiap menunggu kami lepas landas. Yoke (setir pesawat) sudah dipegang erat. Instrumen take off sudah disiapkan.

Saya menarik nafas dalam dan menoleh ke rekan sebelah untuk ready full speed. Pesawat bergetar hebat, seirama dengan getaran tangan saya di yoke. Hidung pesawat mulai naik, yang menandakan take off  kami berhasil.

Nafas lega terlepas begitu saja tatkala mencapai ketinggian yang diinginkan. Pesawat sudah di posisi lurus, yang terlihat dari datarnya grafik Attitude Indicator (AI). Cuaca cukup cerah dengan penampakan langit biru. Ragam bentuk awan lalu lalang di depan dan samping pesawat. Saya pun menikmati setiap momen yang dilalui.

Beberapa menit mengudara, saatnya kami turn left. Runway sudah terlihat di depan mata, yang artinya kami harus descent secara perlahan. Rudder saya injak, sambil mencoba meluruskan badan pesawat agar sejajar center line marking. Yoke bergerak maju mundur dengan kekakuan tangan saya. Bunyi roda belakang yang menyentuh landasan, menandakan pesawat landing dengan sempurna.

Ketika pesawat berhenti, lagi lagi saya membuang nafas lega. Melepaskan tangan dari yoke, menarik kaki ke belakang, menoleh ke rekan sebelah, saatnya beranjak keluar untuk gantian dengan teman yang ingin mencoba Flight Simulator. 

Hahaha..ini hanyalah gambaran ketika saya mencoba flight simulator, atau alat pelatihan berupa simulasi dengan sistem dan gambaran penerbangan pesawat yang menyerupai kenyataan, di salah satu sekolah penerbangan di Nongsa Batam. Seru dan menegangkan. 

Emang ada ya Flight Simulator di Batam?

Ada dong, di Flybest Flight Academy, sekolah pilot satu-satunya di Batam yang lokasinya berada di Ruko Techno Mega City (TMC) Nongsa Batam.

Flybest academy


Penasaran dengan flight simulator ini? dan apa yang membawa saya sampai datang ke Flybest? Yuk kita cari jawabannya.


HUT BLOGGER KEPRI KE-8

Beberapa minggu sebelum HUT Blogger Kepri (BK), Mbak Menix selaku ketua, mulai woro-woro akan merayakan ultah BK yang ke-8. Dari list terlampir di WAG, konsep ultah kali ini adalah Family Gathering & Explore Techno Tourism Flight Simulator. 

Nah, kali ini yang akan diexplore adalah pesawat terbang. Bertempat di Flybest Flight Academy Nongsa Batam, kami akan mencoba menerbangkan pesawat via flight simulator.

Sebenarnya ultah Blogger Kepri itu jatuh pada tanggal 2 Juli 2023. Meskipun lebih cepat seminggu, acara yang berlangsung pada minggu 25 Juni tersebut, tetap mengundang antusias member BK. 

Konsep family gathering yang diusung mba Menix, memungkinkan member yang ikut boleh membawa anggota keluarganya. Hal ini tentunya sangat bagus buat krucils khususnya, sebagai upaya mengenalkan mereka tentang dunia penerbangan sejak dini, (mana tau ada yang jadi pilot kan).

Acara dimulai pukul satu siang di lantai 2 Flybest Academy. Dibuka dengan kata sambutan dari ketua Blogger Kepri Sri Murni atau mba Menix, dilanjutkan pengenalan oleh pihak Flybest, yakni Mas Donny Gunawan sebagai manager, dan dua siswa Flybest Academy, yang nantinya akan menjadi tutor kami.

Puncak acara sendiri, tentu saja pemotongan kue Ultah BK, yang diiringi lagu "Happy Birthday" oleh semua peserta yang hadir, yang sekaligus menandakan bertambahnya  satu tahun usia komunitas Blogger Kepri. Yeeyy..

Doa saya, agar komunitas Blogger Kepri tetap eksis, solid, tetap bersilaturahmi melalui komunitas dan tulisan. Aamiin.

Usai pemotongan kue yang juga dicicipi semua member yang hadir, saatnya kita mendengarkan mas Donni memperkenalkan Basic Flight Manuver yang sudah saya rangkum di bawah ini.

Well, sebelum masuk ke penjelasan, saya akan memberi kesan selama bergabung dengan komunitas Blogger Kepri dari 2016.

  1. Bangga bisa masuk dalam satu komunitas menulis di Kepri.
  2. Happy, banyak teman baru dari berbagai profesi dan latar belakang berbeda.
  3. Seru, banyak nambah ilmu seputar blogging.
  4. Semangat, ikut acara di Batam sebagai undangan.
  5. Cuan, peluang mendapatkan job lebih mudah.
  6. Surprise, banyak mendapat info dan gossip terbaru dalam berbagai hal.
rentetan acara
rentetan acara HUT blogger kepri ke 8


BASIC FLIGHT MANEUVER

Tak pernah terbersit dalam angan saya, masuk area kockpit apalagi bermimpi menerbangkan pesawat, even itu berbentuk flight simulator. Mimpi saya jadi kenyataan, ketika momen perayaan ulang tahun Blogger Kepri diadakan di Flybest Academy, sekolah pilot satu-satunya di Batam.

Saya antusias sekali ingin merasakan langsung bagaimana cara menerbangkan pesawat. Antusias yang sudah lama terpendam, sejak pertama kali saya menonton Air Crash Investigation di salah satu channel luar. Waktu itu saya sempat bergumam, bisa gak ya melihat langsung instrumen pesawat seperti dalam tayangan ini? 

Tak hanya itu saja, di youtube juga berseliweran pilot pilot cantik menerbangkan pesawat, yang di mata saya, mereka terlihat keren ketika menggunakan headset, ditambah tangan yang menggerakan yoke maju mundur. 

Dan tetap jadi pertanyaan di hati, bagaimana pesawat yang begitu besar dan berat, bisa melayang di udara? Apa digerakan angin? Karena adanya mesin? Atau adanya sayap kiri dan kanan? Atau diangkat Malaikat seperti berita yang viral beberapa bulan lalu?

Ternyata bukan ya man teman.

Dari penjelasan Mas Donni, pesawat bisa terbang karena adanya aliran udara dari sayap yang berasal dari mesin, yang memacu daya dorong yang kuat.

Dan menurut beberapa artikel di internet, pesawat terbang karena adanya daya dorong (trusth) kuat dari mesin yang menimbulkan gaya angkat yang besar daripada gaya gravitasi. Gaya angkat pada sayap dan bodi pesawat, timbul akibat perbedaan aliran udara pada sayap, sehingga menimbulkan perbedaan tekanan udara antara atas dan bawah sayap. Itulah penyebab mengapa pesawat bisa mengudara di langit. 

Flybest Academy

Pada pengenalan basic flight HUT BK kemarin, sedikit banyak saya tahu instrumen yang terdapat pada pesawat terbang, seperti gambar terlampir.

Instrumen penerbangan
Instrumen penerbangan gambar:flybest

Flight control utama untuk menggerakan pesawat adalah yoke dan rudder. Yoke, apabila ditarik atau didorong akan menggerakan elevator untuk mengubah posisi pitch pesawat naik, turun atau berbelok ke udara. Sedangkan rudder, saat di darat berfungsi alat membelokkan pesawat, di udara menjaga agar pesawat berbelok dengan stabil. 

Selain itu, ada 6 instrumen dasar pesawat yang dikenal dengan istilah "six pack", apa sajakah itu :

  • Air Speed Indicator (ASI)
  • Attitude Indicator (AI)
  • Altimeter (ALT)
  • Vertical Speed Indicator (VSI)
  • Heading Indicator (HI)
  • Turn Coordinate (TC)

Yang pernah naik pesawat, pasti tau dong kalau jalur yang dilalui pesawat gak hanya lurus aja. Ada beberapa istilah berbeda dengan transportasi lainnya, yang dikenal dengan istilah basic flight maneuver. Apa aja itu?

  1. Straight and Level, mempertahankan posisi pesawat pada level dan ketinggian yang sama.
  2. Climb, menambah ketinggian pesawat
  3. Turn, mengubah arah pesawat
  4. Descent, mengurangi ketinggian pesawat

Pastikan sebelum melakukan 4 basic maneuver, tidak ada objek lain seperti burung terbang, pesawat lain atau layangan nyangkut di sekitar pergerakan pesawat. Gak mau kan kalau komunikasi ada panggilan mayday..mayday..mayday. 😇

PRAKTEK SIMULATOR

Usai penjelasan tentang pesawat, saatnya praktek menggunakan simulator yang berada di lantai satu. Kami harus bergantian untuk mencoba flight simulator, karena ruangan yang berbentuk petak putih menyerupai kockpit ini, mempunyai dua seat saja.

Yang pertama mencoba, tentu saja krucils, kemudian anggota yang hadir. Sensasi yang dirasakan sama seperti dalam pesawat, karena alat simulator dirancang terkoneksi dengan suasana yang terjadi saat pesawat beraksi.

Ketika take off, alat simulator akan bergerak naik. Saya pun berasa naik ke atas. Ketika berbelok, sensasinya juga akan miring sesuai arah belokan. Pun sama halnya ketika landing keluar jalur, getaran hebat dan goncangan kuat, menggetarkan badan, hingga bibir naik turun bergesekan. Seperti yang dialami kak Sarah, dan beberapa teman lain yang landing di rerumputan.🤭

Flight simulator
Flight simulator


Syukurnya saat terbang harus didampingi instruktur, agar tak tersesat di udara. Kalau gak ada, entahlah, kami sudah pasti kehilangan arah, plus memperbanyak doa, agar selamat sampai tujuan. 

Fungsi instruktur di sini adalah orang yang akan mengajarkan praktek dari materi yang sudah dipelajari. Mulai dari duduk, posisi kaki, cara memegang yoke, persiapan take off, turn left/right, descent dan landing. Semua instrumen dijelaskan. Sayangnya, ingatan saya tak sebaik waktu muda dulu.

Tapi apapun itu, saya berterima kasih kepada Blogger Kepri yang membuat acara begitu spesial yang begitu bermanfaat bagi saya dan rekan-rekan semuanya. 

Dan acara pun berakhir pukul 17.00 WIB. Sampai berjumpa di ultah Blogger Kepri tahun depan.

Bagi yang ingin mencoba flight simulator, bisa kok, datang aja ke Ruko Mega Techno City di Nongsa Batam, dengan biaya 1 jam Rp 500.000.

Oya, saat materi dijelaskan mas Donni, member yang ikut dipersilahkan ngetweet dan uplod video di instagram. Tentu saja akan ada hadiah diakhir acara buat pemenang. Salah satu sponsor kita adalah Febi dari Lebah travel Batam.

Dan ini dia pemenang twitter, @sarahjalan_ dan Instagram @akutwibowo. Selamat ya..

pemenang kuis
pemenang kuis instgaram dan twitter


SEKILAS TENTANG FLYBEST FLIGHT ACADEMY


Flybest Flight Academy adalah sekolah pilot favorit di Indonesia yang berada di Batam. Berdiri pada 17 January 2013, telah banyak siswa lulusan sekolah pilot ini bekerja di berbagai maskapai di Indonesia.

Head office sendiri berada di Ruko Mega Techno City Nongsa Batam, sedangkan base operationalnya berada di Flybest Hangar Bandara Hang Nadim Batam.

Bergabung di Flybest Academy, siswa akan terbang ke banyak tempat seperti TANJUNG PINANG, DABO SINGKEP, TANJUNG BALAI KARIMUN, PEKAN BARU, PANGKAL PINANG, sambil menikmati indahnya pemandangan laut dari atas pesawat.  

Flybest Academy juga bekerja sama dengan maskapai penerbangan, dalam menjalankan program Airline Pilot Pathway. Ketersediaan armada dan Simulator akan membantu kamu mewujudkan keinginan menjadi seorang pilot, karena di Flybest menyediakan banyak course yang bisa jadi pilihan, seperti Private pilot, Commercial Pilot, Flight Instructor, Foreign Pilot Licence dan lain sebagainya.

Selain itu, posisi Flybest Academy yang dekat dengan Singapura, dan Malaysia, memungkinkan siswa bisa menjelajahi negeri tetangga dengan mudah. Jadi gak bosan melulu di Batam.

Lebih lengkapnya bisa langsung ke www.flybest.co.id ya.

Sampai Jumpa.



32 comments

  1. Seru banget ultah blogger kepri yang ke 8 ini, menggibah, nyobain simulator nerbangin pesawat, ampe keluar jalur saat pesawat take off.. hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..salah satu yang emak suka ya kak.. emak gaul jaman sekarang gamau kalah ma yg muda.

      Delete
  2. Wah happy anniversary Blogger Kepri yang ke-8 semoga semakin kompak yaa. Seru banget ya acaranya aku jadi ikut bayangin rasanya menggunakan simulator ini, hehe. Menegangkan tapi seru yaaa. Keren ihhh 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak. Nyobain flight Simulator, seru banget pokoknya, Rasanya kek bawa pesawat beneran. :)

      Delete
  3. Keren banget, nih komunitas blogger Kepri, makin semangat ya, mba nulis dan ngeblog ya karena punya circle yg aktif dan saling mendukung. Perayaan ultah nya pun pake acara sekeren ini. Belajar flight euy. Happy birthday ke 8 komunitas blogger Kepri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak. Alhamdulillah, komunitasnya masih eksis, walaupun kami di pulau kecil. Asyiknya di komunitas BK tuh, multikultur, jadi banyak teman dari berbagai ras dan daerah. Gak hanya kaya tulisan tapi kaya budaya.

      Delete
  4. Waaahhh seru banget kegitannya, duh jadi pengen gabung terus bisa ikutan flight simulator juga kayak gini. Asliii seruuu, pasti jadi pengalaman yang tak terlupakan yaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, di usia udah kepala 4, beruntung banget cobain flight simulator. Bener-bener pengalaman yang tak terlupakan.

      Delete
  5. Keren Kepri punya komunitas blogger yang seru da hidup. Pemilihan tempat dan kegiatan di hari jadinya pun kece. Apalagi yang bawa pasangan dan anak-anak, tambah lagi poin plusnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsep ketua Blogger Kepri, patut diacungin jempol emang, ngadaain acara beda dari konsep ultah kebanyakan. Sukaaa

      Delete
  6. Wah perayaan ultah para blogger ya g keren nih. Memacu adrenalin, biasanya main depan laptop sekarang main di angkasa langsung hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren banget sih menurut saya kak, pokoknya seru dan memicu adrenalin ngecoba flight Simulator.

      Delete
  7. ini hal paling seru deh, ternyata ruang Pilot itu wooow dan nerbangin pesawat itu ternyata seru banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget ka, jadi pilot sehari kita.

      Delete
  8. Wah blogger Kepri ternyata sudah 8 tahun ya, semoga komunitasnya makin solid dan tetap berkarya. Pastinya seru banget ngumpul sesama blogger karena selain satu tujuan, ngegibahnya pun juga gak jauh2 dari hal ngeblog ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, makasih kak. Paling seru ngumpul komunitas, ngeghibah dan bisik bisik tetangga, rumah maya nya kek mana, hahaha

      Delete
  9. alhamdulillah bisa ikutan ngumpul kali ni, ngerasain keseruan bareng keluarga BK, dan bisa ngerasain euforia nerbangin pesawat, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Ria jarang ngumpul ya, Alhamdulillah bisa ngumpul kita ya.

      Delete
  10. Wah, tanganku gatel pengen komen di sini hehe
    1. Acaranya keren banget, ada gathering blogger Kepri, mantaap... seneng deh bisa kopdar, ya kak? hihi
    2. Aku tuh paling nggak tahan liat yang berhubungan dengan pesawat dan penerbangan, dulu cita2 pengen jadi pilot... sayangnya kandas, kepentok tinggi badan dan biaya, hehe
    3. Ini menarik banget ada simulator begini, aku kan jadi pengeeen... huhuhu :(
    4. Karena ini simulator jadi pasti bisa banget lah ya buat aku yang badannya mini begini hehe
    Makasih sharingnya kak, menarik banget ini ilmu dan pengalamannya. Happy anniversary untuk blogger Kepri, semoga sukses selalu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Wkwkwk. seneng banget pastinya kopdar kak.
      2. Yaaah... sayang bangetnya, regulasi selalu membuyarkan impian.
      3,4. Cuss kak, meluncur ke Batam, eh, dicurug juga ada lo kak, tapi gak tau bisa dirent gak ya.
      Makasih doanya kak..

      Delete
  11. Ya ampyun seruu banget jadi ingat tepat setahun lalu kami ke batam dari singapura...masih belum puas explore batam next pengen mengagendakan lagi kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuss kemari kak, mau ke pantai, gak kalah keren dari Bali. Mau kulineran, banyak seafood di tiap sudut Batam. Wisata Shopping apalagi, bisa dipilih, mulai dari baru hingga seken. Mau wisata sejarah juga ada di Kepri lo kak.

      Delete
  12. wah .... ini pengalaman langka banget ya. Serasa bisa jadi pilot dalam sehari. Pernah sih lihat studio simulator semacam ini di Banten. Sekarang ada di Batam jadi makin mudah diakses ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, setelah di Curug ada di Batam kak, bisa dicoba kok 1 jam 500ribu

      Delete
  13. Serunya mbak bisa menerbangkan pesawat walaupun simulator
    Keren beud sih mbak acaranya, serunya lagi bisa ketemuan blogger yang ada di Kepri, bisa banyak tukar pengalaman nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dah ngumpul pasti seruuuu.. Apalagi konsep acara beda dari yang lain. Pas ada keluar jalur saat flight simulator, ngakaknya barenagan. wkwkwkw

      Delete
  14. Keren banget konsepnya, merayakan ulang tahun komunitas sambil belajar flight simulator. Jarang lho ada ide seperti ini mbak. Tetap kompak untuk blogger Kepri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak, konsepnya emang beda dari perayaan ultah biasanya.Yap, moga aja Blogger Kepri tetap eksis selalu. aamiin.

      Delete
  15. Teknologi sudah semakin canggih ya, kita masyarakat biasa akhrinya bisa tahu feelnya nerbangin pesawat. BTW acaranya keren banget untuk Blogger Kepri. Maju terus Blogger Kepri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak. Pokoknya acaranya seruuuu, pengen ngulang lagi keknya. hehe

      Delete
  16. Perayaan HUT Blogger Kepri nya keren banget euy. Kelihatan banget grupnya dikelola dengan baik dan penuh dengan antusias

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak, iya ultah kali ini beda dari biasanya.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.