Atasi Mata Kering Pekerja Kantor Dengan Insto Dry Eyes, Bye Mata Kering!

Dulu, saya sering mengalami gejala mata kering. Merah, perih, dan keluar air di sudut mata. Syukurnya, sekarang gak ada drama mata kering lagi, karena saya selalu sedia Insto Dry Eyes, untuk mengatasi mata kering ini. 

Insto Dry Eyes
Insto Dry Eyes solusi mengatasi mata kering

Rutinitas kerja dengan menatap layar komputer dalam ruangan ber AC, adalah pemicu utama mata kering. Apalagi ketika kerjaan urgen, yang membuat intensitas mata lebih tinggi.

Paparan radiasi komputer, serta udara AC yang mengenai mata terus menerus, menyebabkan kelenjar air mata yang memproduksi air mata tidak berfungsi dengan baik. Inilah yang menyebabkan mata kering. Makanya ketika berkedip, mata terasa perih akibat kurangnya produksi air mata.

Gak hanya itu saja, menggunakan motor ke tempat kerja, rute yang saya lalui banyak berseliweran mobil pick up, truk kontainer dan kendaraan roda dua pekerja galangan kapal. Debu, angin dan asap kendaraan, membuat mata merah, perih dan gatal. Sudah lah kering, perih, gatal, eeeh.. tangan malah getol pengen ngucek.

Awalnya saya gak aware dengan kondisi mata yang kerap terpapar radiasi komputer, asap kendaraan dan angin yang lumayan kencang di pagi hari. Saya pikir, dengan menggunakan masker dan kaca mata, setidaknya bisa menghambat laju debu ke mata. Nyatanya, saya salah, Mata jadi merah dan berair.

Waktu tahu mata kerasa beda, saya langsung ke apotik, membeli obat tetes mata. Awalnya saya mau beli obat tetes untuk mata kering. Tapi, mba apoteker gak langsung ngasih obat begitu saja. "keluhannya apa?" , dia malah balik nanya ke saya. Saya jelasin detail masalah mata kering dan keluhan yang timbul setelahnya. Syukurnya dapat obat tetes mata sesuai harapan.

Insto Dry Eyes
Insto Dry Eyes atasi mata kering pekerja kantor


MATA ITU PENTING!

Seperti yang kita tahu, mata adalah satu panca indra manusia untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Dalam mata, terdapat organ penting yang mempunyai tupoksi masing-masing. 

Mata akan melihat sempurna, jika organ dalamnya berfungsi dengan baik. Gitu juga sebaliknya, jika ada masalah pada mata, seperti mata kering, organ dalam mata mengalami penurunan sistem kerja. Otot mata melemah, cairan mata berkurang, yang berakibat mata berkabut, perih dan sepet.

Kondisi inilah yang saya alami ketika mengalami mata kering. Berkedip sakit, perih dan berair di ujung mata. Padahal kerjaan saya berhubungan dengan angka dan data yang mengharuskan memiliki penglihatan akurat. Jika mata kering, fokus akan berkurang, pusing dan konsentrasi pun buyar.

Maka dari itu, ada baiknya kita mengenal bagian penting mata, agar lebih aware menjaga kesehatan mata, sebelum timbul gejala lainnya.


Bagian dalam mata
Bagian dalam mata. Sumber: buku paket IPAS kelas V

organ mata
Bagian dalam mata. Sumber: buku paket IPAS kelas V

MENGENAL GEJALA MATA KERING & CARA MENGATASINYA

Sebagian besar mata kering lebih berdampak pada pekerja yang ektra berada di depan komputer, laptop dan gadget. Paparan radiasi benda tersebut, memicu penguapan cairan air mata, serta berkurang produksi air mata.

Gangguan yang terjadi adalah rasa terbakar, gatal dan terjadinya penurunan penglihatan, yang merupakan gejala mata kering atau lebih dikenal dengan Dry Eyes Syndrom.

Jika dibiarkan, Dry Eyes Syndrom akan berdampak pada kerusakan mata. Gak mau kan, mata indah kita jadi rusak? Sebelum terjadi kerusakan mata, ada baiknya kita mengenal gejala mata kering.

Di bawah ini, ada tiga gejala mata kering, atau Dry Eyes Syndrom,

  1. Mata Terasa Sepet
  2. Mata Terasa Perih
  3. Mata Terasa Pegal


MATA SEPET

Mata sepet salah satu gejala mata kering. Penyebab utama mata sepet adalah aktivitas yang lama di depan komputer dan juga gadget. Radiasi yang ditimbulkan dari paparan sinar komputer dan gadget, dapat merusak enzim glutation peroksidase sebagai pelindung mata, sekaligus mengganggu ketajaman penglihatan.

Ya... walaupun tingkat kekuatan mata orang berbeda dalam menyikapi mata kering, namun mata sepet, akan lengket ketika berkedip. Mulai antisipasi dengan mengistirahatkan mata sejenak ketika beraktivitas, dan pakai Insto Dry Eyes untuk mengatasinya.

mata sepet
Insto solusi mata sepet


MATA PERIH

Beda lagi dengan mata perih. Sensasi perih sama halnya ketika kita mengalami masalah pada organ tubuh lain. Nyut-nyutan, panas, rasanya ada benda lain yang menusuk. Mata perih lebih disebabkan iritasi ringan oleh debu, asap, angin, dan aktivitas berenang. Mata jadi merah, akibat benda asing yang masuk ke dalam mata.

Insto solusi mata sepet
Insto solusi mata perih


MATA PEGAL

Mata pegal ditandai dengan sensasi ketidaknyamanan mata terhadap cahaya. Pandangan kabur, mata jadi panas, pegal pandangan layu dan sulit berkonsentrasi.

Saya sering banget merasakan ini. Saya pikir minus bertambah akibat mata menatap layar komputer terlalu lama, membaca buku dan pemakaian soft lens. Sensasi mata pegal bikin pusing dan nyeri pada leher.

Solusi saat itu, saya coba istirahatkan mata, tidur lebih baik, konsumsi buah dan sayur, serta tak lupa teteskan 1-2 Insto Dry Eyes untuk mengatasi mata pegal saya.

Insto solusi mata pegal
Insto solusi mata pegal


Siapapun bisa mengalami mata kering. Karena mata kering akan menampakan gejala yang mungkin tak kita sadari. Ada beberapa faktor Pemicu Gejala Mata Kering

  • Jarang mengedipkan mata akibat terlalu fokus dalam satu aktivitas.
  • Pemakaian soft lens dalam waktu lama.
  • Sensasi gatal & terbakar pada mata.
  • Penguapan air mata.
  • Mata merah.
  • Penglihatan kabur.
  • Kepekaan terhadap cahaya.
  • Lama di ruangan ber AC
  • Merokok.
  • Faktor usia.

Bagaimana Mengatasinya?

Yang pernah mengalami mata kering, pasti merasakan efek yang ditimbulkan. Trus, gimana cara mengatasi mata kering yang menyebabkan mata sepet, pegal, lelah dan merah?

  • Kenali Keluhan Mata

Keluhan mata kering berbeda pada setiap orang. Sebelum membeli obat tetes, ada baiknya bertanya ke apoteker gejala mata kering yang dialami, agar obat yang diberikan tepat guna.

  • Pergi ke Dokter Jika Diperlukan

Jika mata kering sakit terus menerus, sakit ketika berkedip, fokus kerja mata berkurang, serta terjadi pembengkakan, konsultasi ke ahli medis lebih diutamakan. Apalagi mata kering akibat alergi obat dan pemakaian soft lens terlalu lama.

  • Kompres Dengan Air Dingin

Berlama lama di depan komputer, atau bermain gadget seharian di rumah, bisa mengakibatkan mata perih, sepet dan pegel. Pandangan jadi gak fokus, karena otot mata tegang. Untuk mengatasinya, saya menggunakan handuk kecil yang sudah diberi air dingin, lalu ditutupkan ke mata selama 10-15 menit.

  • Insto Dry Eyes

Selain menggunakan handuk kecil dingin, saya juga meneteskan Insto Dry Eyes, obat mata kering mengandung bahan aktif sebagai pelumas mata yang ampuh melembabkan mata kering saya. Cukup teteskan 1-2 tetes kiri kanan, mata akan kembali cling.

Kenapa Insto Dry Eyes?


INSTO DRY EYES SOLUSI MENGATASI MATA KERING

Insto Dry Eyes adalah obat tetes mata produksi Combiphar yang sudah dikenal luas masyarakat Indonesia. Kemasan kecil dengan box yang didominasi warna hijau dan dongker, kemasan mininya sangat travel friendly. Bisa dimasukan tas kecil, saku celana atau saku baju.

Insto Dry Eyes
Insto Dry Eyes

Insto Dry Eyes mengandung Hydroxypropyl methylcellulose 3.0 mg, yang berfungsi sebagai efek pelumas seperti air mata, mengatasi gejala kekeringan pada mata, meringankan iritasi yang disebabkan kekurangan produksi air mata (biasanya pada penderita rheumatoid arthritis, keratoconjunctivitis dan xerophtalmia), dan juga digunakan sebagai pelumas mata palsu.

Insto Dry Eyes termasuk obat keras yang hanya boleh digunakan pada bagian luar badan. Maka dari itu, obat ini sebaiknya dijauhkan dari jangkauan anak-anak. 

Net content 7,5 mL, Insto Dry Eyes tidak boleh dipakai setelah dibuka 1 bulan. Apalagi kalau larutan sudah berubah warna atau keruh, akan berbahaya digunakan, walaupun di dalam larutan ini terdapat Benzalconium chloride 0.1 mg, yang berfungsi sebagai pengawet dan mensterilkan.

Insto Dry Eyes, solusi mengatasi mata kering, agar penglihatan saya kembali terbuka, seperti terbukanya mindset saya menjalani daily aktivitas. Ketika mata kering melanda, saya sudah sedia Insto Dry Eyes.

Cukup teteskan 1 atau 2 tetes Insto Dry Eyes pada mata kiri dan kanan, mata kembali segar. Pandangan awalnya berkabut, jadi cling deh!

Oya, biasanya, setelah meneteskan Insto Dry Eyes, saya akan menjauhkan mata dari komputer atau gadget dengan menatap objek jauh selama 5 menit, agar mata makin segar. Insto Dry Eyes, selalu stand by mengatasi mata kering saya.

Apa saja keunggulan Insto Dry Eyes?

1. Harga Terjangkau

Untuk meredakan gejala iritasi mata ringan, gak perlu mahal. Insto Dry Eyes dijual dengan harga terjangkau. Saya biasa beli di apotik dekat rumah dengan harga 17.000. Selain itu dengan pemakaian 1 tetes ke mata kanan dan kiri, awet dong dengan  satu kemasan berisi 7.5 mL.

2. Kemasan Praktis

Kemasan Insto Dry Eyes yang kecil, sangat mudah dibawa ke mana saja. Dimasukan ke saku baju, saku celana, saku tas bagian luar, ok banget, praktis pokoknya. Kalau di kantor, saya taruhnya di laci meja agar mudah dijangkau. Pas mata perih, tinggal buka laci, Insto meredakan iritasi mata dengan cepat.

3. Aman Digunakan

Insto Dry Eyes aman digunakan karena sudah terdaptar di BPoM dengan nomer sertifikat halal 00140094950419 No. Reg. DTL1438202146A1. Produk yang aman, membuat kita tak was was ketika menggunakanya. Secara mata adalah alat vital bagi manusia, bila salah pilih, bisa saja terjadi kerusakan mata seperti menurunnya kualitas penglihatan.

4. Mudah Didapatkan

Gak hanya saya saja pengguna Insto Dry Eyes, teman saya pun banyak menggunakannya. Salah satu alasannya, Insto Dry Eyes mudah didapatkan. Jadi ketika obat etes mata Insto habis ketika mata lagi iritasi, apotik adalah tempat pertama mencari Insto Dry Eyes.

Kalau mata kamu kering terasa sepet dan perih, gunakan Insto Dry Eyes. Mata jadi kinclong, pandangan kembali cerah.

Apa yang harus dilakukan untuk menghindari mata kering :

  • Menggunakan kacamata ketika mengendarai motor.
  • Menggunakan kacamata anti radiasi di depan layar komputer/laptop.
  • Hindari berada di area banyak asap rokok atau asap kendaraan.
  • Istirahatkan mata 5-10 menit dari layar komputer/laptop.
  • Kurangi pemakaian soft lens.
  • Banyak makan buah, sayur dan makanan tinggi Omega 3.
  • Istirahat yang cukup.
  • Minum banyak air putih.
  • Pijat ringan sekitar area mata.
  • Kompres dingin mata 10-15 menit
  • Pake Insto Dry Eyes, sobat tetes solusi mengatasi mata kering.
Well, resiko gangguan mata, sangat tinggi ya bagi pekerja kantor. Ditambah lagi di rumah, menatap layar handphone untuk menonton live online shop. Untungnya aku sedia #InstoDryEyes #SolusiMataKering yang membantu mengatasi mata kering, mata sepet, mata pegalku.

Saatnya katakan Bye Mata Kering!

Referensi:

insto medsos plus pengalaman pribadi

34 comments

  1. Iya ya, Kak. Sebagai pengguna gawai, aku sering merasa mata ini pegal. Biasanya sih dibiarkan aja wkwk. Ternyata, kita harus jaga mata supaya tetap cling. Ntr, aku nyoba InstoDryEyes deh.. supaya mata sehat. Thanks ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sakit banget kalo mata dah pegel ini ya kan, pen ada langsung penenangnya

      Delete
  2. Eh ternyata aku pernah merasakan gejala itu mba. Aku juga mengira jangan² minus nambah nih. Oke besok aku coba insto ini. Soalnya selama ini ya cuma diistirahatkan atau dibawa merem gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama yah mba, kalo mata berkunang kunang pikiran dah minus nambah nih, eee taunya plus yang datang. hehe

      Delete
  3. Kita harus lebih aware lagi sama mata, ya, Mbak. Biasanya kalau gejala gangguan matanya masih ringan, kita sering abai. "Ah, nggak apa-apa, nggak ada yang perlu dicemaskan." Padahal semakin cepat diatasi, semakin mudah sembuhnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, kalo masalah ringan paling sering abai, palingan kompress aja udah selesai, tapi dalamnya kan belum selesai diobati, untung ada insto ya

      Delete
  4. Saya juga sering sekali merasa mata ini perih dan sangat panas jika di pejam terima kasih ya atas infonya

    ReplyDelete
  5. Betul sekali mbak Yulia, sy jg selalu menyediakan insto utk solusi mata lelah, mata kering dan perih ketika harus berlama2 didepan komputer, Terima kasih utk sharingnya jd smakin syukaa sm insto 😘

    ReplyDelete
  6. Mata kering pastinya pernah dialami oleh siapapun yang sering duduk berlama-lama di depan layar monitor PC/laptop. Hal ini tdk dpt dihindari karena tuntutan pekerjaan. Solusi praktisnya ya menggunakan Insto sebab merk ini mudah didapat di pasaran dan berkualitas.

    ReplyDelete
  7. Usia semakin tua biasanya mata mudah kering. Seperti bapak saya malah hampir setiap hari palai insto karena katanya kering dan perih..kita2 yg masih muda yuk jaga mata tetap sehat

    ReplyDelete
  8. Yeay! akhirnya ada solusi buat kita-kita yang sering sepet matanya karena kebanyakan menatap layar monitor nih. Semoga sehat-sehat terus pejuang cuan. Jangan lupa sedia Insto Dry Eyes supaya mata tetap segar.

    ReplyDelete
  9. Makasih infonya.salam, Laila Nurhayati

    ReplyDelete
  10. Terima kasih infonya mbakku... bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  11. Makasih reviewnya kak, berguna banget buat pekerja kantoran untuk atasi mata kering.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masama Eka. Pekerja kantor, wajib banget punya Insto

      Delete
  12. Ini juga senjata aku dalam mengatasi mata kering gegara nonton drakor

    ReplyDelete
  13. Wah.. insto selalu ada di Pouch aq kak, jadi kalau berasa kering cukup tetes aja dech

    ReplyDelete
  14. Aku sedia terus Insto karena sering pakai soft lens. Buat klien make up dan pengantin aku juga saranin pakai Insto, karena ternyata banyak yang mengira kalo cairan soft lens itu sama fungsinya dengan obat tetes mata.

    ReplyDelete
  15. Aku kalo kena debu pas motoran langsung cari insto. Setelah ditetesin inso itu lo mata langsung fresh

    ReplyDelete
  16. bye mata sepet! insto telah menjauhkan kita dari mata kering. makasih insto. :D

    ReplyDelete
  17. Dulu saya bekerja di kantor selalu pakai soft lens. Kalau AC ruangan dingin banget, langsung ngaruh ke mata, jadi kerasa kering. Tapi untuk pengguna soft lens sebaiknya buka dulu baru pakai insto.

    ReplyDelete
  18. Ternyata lensa kacamata yang ga sesuai bisa bikin pegal mata ya. saya baru ngeh nih. secara udah lama saya ga pernah check up mata. jadi reminder juga nih buat saya. Kalo tuk mata gatal n kering Insto emang selalu jadi andalan saya sejak lama

    ReplyDelete
  19. azaming penulisannya dan creative banget melihat gambarnya.

    ReplyDelete
  20. Daku juga gitu kak kirain udah pakai kacamata bisa mengatasi biar mata gak gatal pas melihat layar gadget, eh malah beluman juga.. memang kudu siap punya insto deh ya

    ReplyDelete
  21. Sebagai pekerja kantoran yang hampir setiap hari menatap layar komputer pastinya sering mengalami mata kering. Saya juga pake insto lho untuk mengatasinya

    ReplyDelete
  22. Buat yang sering di depan laptop, mending wajib sediain Insto deh. Kapan waktu kita alami mata kering jadi bisa langsung tetesi insto aja. Kan praktis ga perlu repot-repot ke dokter lagi...

    ReplyDelete
  23. Bener sih, mata kering harusnya pakai insto ini. Beli ah besok, biar ga keganggu lagi pas lihat laptop kelamaan.

    ReplyDelete
  24. terbantu banget sama insto dry eyes yang memang seampuh itu atasi mata kering apalagi pas kemarin-kemarin ngerjain administrasi sekolah

    ReplyDelete
  25. Memang kita nggak boleh sembarangan pilih obat tetes mata ya, mbak soalnya kandungannya beda-beda. Kalau untuk mata kering ya pakainya insto Dry Eyes ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, harus sesuai dengan keluhan mata, biar kerja lebih maksimal.

      Delete
  26. Mata kering gak boleh banget diabaikan.
    Dan solusi terbaiknya menggunakan produk terpercaya Insto Dry Eyes. Pekerjaan bisa lanjut dengan lancar tanpa keluhan mata kering yang menyiksa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insto dry eyes, emang ngebantu banget mengatasi mata kering.

      Delete
  27. Aku selalu sedia Insto di rumah karena sering pake soft lens jadi kalo terasa kering langsung pakai.

    ReplyDelete
  28. Iya mba, saya malah di tas, di laci, di rumah, harus stand by pokoknya hehe

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.