Skip to main content

Daftar Harga Aki Motor di Planet Ban Yang Rekomended

daftar harga aki motor kendaraan bermotor
photo by canva

Aki motor adalah salah satu komponen kendaraan yang mempunyai fungsi kritikal. Selain pusat daya/ listrik bagi motor, aki atau accu juga membuat motor berjalan lebih stabil.

Aki ini ada dua, aki basah dan aki kering. Aki basah mempunyai cairan asam sulfat dan harus dilakukan pengecekan dan diisi ulang. Sedangkan aki kering mengandung gel sebagai pengganti cairan elektrolit, gel ini tidak perlu diisi ulang karena rendah penguapan.

Kedua aki ini harus dirawat dengan baik. Salah satu cara termudahnya dengan memanaskan sepeda motor setiap pagi selama 5-10 menit, agar fungsi aki tetap berjalan baik. Jangan sampai lalai, karena bisa berakibat aki melemah bahkan berujung soak.

Hal ini pernah kejadian pada motor saya yang sudah berusia 3 tahun. Pernah beberapa kali tak dipanaskan, yang lambat laun membuat aki motor saya melemah. Motor sering tersendat, susah di stater, di klakson pun tak berbunyi 

Puncak masalah motor saya terjadi ketika ingin ke rumah teman di komplek sebelah. Awalnya motor berjalan baik, namun pas pertigaan komplek, tiba-tiba motor mati mendadak. 

Malu sih ya, masak saya harus geret motor? Untungnya, saya pake masker, jadi wajah sedikit tersamarkan. Akhirnya motor saya pinggirin ke tempat teduh, sambil telepon saudara. Motor akhirnya didorong ke bengkel terdekat.

Pas dicek sama bang montir, ternyata aki motor melemah, jadi harus diganti. Saya juga bertanya daftar harga aki yang tangguh dan rekomended digunakan untuk jenis motor yang saya pake. Si abangnya nawarin beberapa jenis aki sekaligus harga yang lumayan terjangkau lah menurut saya.

aki motor terbaik
NS Battery

Bicara tentang aki, dari pengalaman saya yang sering pake motor, sebenarnya aki motor lemah, ditandai adanya gejala atau sinyal pada motor itu sendiri. Beberapa di antaranya:

Pertama, pas distater mulai berat, dan ketika tidak dipanaskan selama satu atau dua hari, tidak bisa di hidup sama sekali. Pernah juga awalnya Ok dibawa jalan, ketika parkir sebentar saja, langsung off.

Kedua,  jarum speedometer bergerak pelan atau slow motion, biasanya ketika kontak on jarum langsung bergerak ke atas dan turun ke kembali ke bawah, namun ketika aki mulai lemah, gerak jarum juga melemah.

Ketiga, lampu speedometer redup, atau cahaya mulai berkurang.

Keempat, bunyi klakson lemah, biasanya ditekan tombol klason lama bunyinya kenceng, nah kalo aki lemah, bunyinya tidak nyaring bahkan tidak keluar sama sekali.

Sebagai orang yang setiap harinya beraktivitas menggunakan sepeda motor, kelayakan aki jadi faktor utama kesehatan motor dan keselamatan pengemudinya. Gimana seandainya lagi di jalan ramai, tiba-tiba motor mati mendadak? Tentu hal ini sangat berbahaya.

Oleh karena itu, diantara spare part dan aksesories sepeda motor, aki juga berperan penting menentukan keberlangsungan motor yang kita gunakan. Salah memilih aki, bisa bisa motor tak bertahan lama, atau jadi boros bahkan tidak bisa digunakan.

Nah, seperti yang saya ceritakan di atas, banyak jenis aki motor yang bisa jadi pilihan dengan harga bervariasi. Biasanya orang lebih memilih jenis aki yang tahan lama namun harga bersahabat.

aki motor x-smart
X-SMART NS Battery


X-Smart NS accu bisa jadi pilihan untuk mengganti aki motor yang sudah lemah atau soak. Aki ini cukup kuat dan tahan lama, hingga mampu meningkatkan performa motor ke depannya. Selain itu, ramah di kantong.

Kamu bisa menemukan aki dan aksesoris lainnya di Planet Ban. Nah ini beberapa daftar harga aki di Planet Ban.

1. X-SMART NS ACCU (Aki) NTZ 5S, aki dengan performa terbaik, di banderol dengan harga Rp. 210.000

2. X-SMART NS ACCU (Aki) NTZ 6V, aki motor premium dan terbaik di Planet Ban, yang di banderol dengan harga Rp. 252.000.

Gak hanya pilihan aki saja yang perlu jadi perhatian. Tempat membeli aki juga satu hal penting. Salah satunya di Planet Ban ini. Di sini kamu bisa lihat daftar harga aki motor yang rekomended, sekaligus banyaknya ketersediaan aksesoris motor.

Merawat sepeda motor dengan aki yang berkualitas, menjadikan agar motor awet dan tahan lama.

Comments

  1. Sesuai namanya, 'SMART', aki motor premium ini cerdas meningkatkan peforma motor ya kak, apalagi harga ramah di kantong :))

    ReplyDelete
  2. Membeli aki di Planet ban tentu bisa jadi rekomendasi ya\, apalagi dengan kualitas yang ditawarkan belum lagi dengan pelayanan dan harganya juga bisa jadi pilihan

    ReplyDelete
  3. untung nih ada info tetang aki, kaum emmak-emak.selalu bingung kalo pas mau ganti aki, kadang pihak bengkel sebut merek asal dgn harga ngk masuk akal, pas lah planet ban solusi nya nih.

    ReplyDelete
  4. Planet Ban ini memang bisa diandalkan, karena pelayanannya ampe malam, jadi buat kita yg kerja balik sore gak perlu khawatir bengkel tutup selama ada planet Ban

    ReplyDelete
  5. Kami lebih cocok pake aki kering sih.. ngga takut kehabisan air nya

    ReplyDelete
  6. Dan baru tau di planet Ban juga ada jual Aki, apalagi sudah tertera daftar harganya ya, jadi gak bakalan di bohongi deh soal harga

    ReplyDelete
  7. Wah, bener banget mb, sering macet gak mau di starter klo jarang dipanasin. Motor tuaku gitu juga, ini kebetulan juga mau ganti aku. Pas banget baca artikel ini. Jadi dapat referensinya

    ReplyDelete
  8. Ngobrolin Aki tuh ingatan langsung ke zaman baheula saat menyalakan televisi menggunakan aki yang kalau akinya habis gambar di layar makin mengecil. Btw selama ini nggak ngeh ternyata aki juga digunakan di dalam sepeda motor.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.