Selasa, 06 Juni 2017

Mengenal Singkat Desain Grafis

Gambar :unprint.id


Satu tahun belakangan ini, saya lumayan banyak mengunjungi tempat nongki yang membuat saya berdecak kagum. Selain nyaman, beberapa tempat ini juga didukung dengan dekorasi yang unik, tampilan yang menarik dan tentu saja ruangan yang di desain berupa gambar maupun kata-kata, yang menurut saya, seolah-olah mempunyai makna  untuk di sampaikan kepada pengunjung yang datang.

Gambar dan tampilan yang menarik bukan datang begitu saja. Dibalik goresan demi goresan yang terpampang, ada seorang ahli yang mahir pada bidang tersebut, yakni seorang desainer. Seorang desainer tidak akan begitu fasih melakukan detail demi detail sebuah desain tanpa ada keahlian yang mendukungnya. Keahlian yang bisa membuat karakter berbagai produk, yang penyampaiannya bisa dalam bentuk gambar digital, kata-kata, yang diberi sentuhan virtual  yang tinggi. Nah, tekhnik seperti ini dinamakan dengan Desain Grafis.

Jujur saja, saya belum paham betul apa itu desain grafis. Kalau soal desain men desain, waktu saya SMP kelas 1 itu sekitar tahun 92, saya hobi sekali membuat gambar dan menuangkanya ke dalam kertas demi kertas. Tapi itu hanya sebatas hobi, tidak saya kumpulkan apalagi di kliping. Semua saya simpan dan hekter saja. Sayang, saat beberes rumah, semua terbuang begitu saja.

Namun sebenarnya desain itu apa ya? kita sering mendengar orang berkata ”desainnya gimana”?  atau   saya mau desainnya seperti ini”. Well..well..well, Kalo menurut saya desain itu bentuk imajinasi yang ada dipikiran yang dituangkan melalui gambar. Lalu bagaimana jika desain dan grafis digabungkan jadi satu?

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi  visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis teks juga dianggap gambar. Karena teks merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Maka tidak jarang kita temui serangkaian huruf yang dibentuk dengan indah, untuk menarik audiens.

Sebagian orang merujuk desain grafis ini, lebih ke media cetak, seperti koran, majalah, poster dan sebagainya. Banyak karya dengan sentuhan desain grafis bisa kita nikmati dalam keseharian. Di rumah saja kita bisa melihat desain kamar tidur, ruang tamu, dapur dan sebagainya. Saat berangkat kerja pun kita seakan dipaksa melihat pajangan aneka baliho yang menampilkan logo, flyer, iklan, info produk bahkan sentuhan berbentuk abstrak pada belakang angkot. Tidak hanya itu saja, sentuhan desain grafis ini pun sampai menyentuh branding untuk makanan dalam menyampaikan suatu pesan.

Gambar :pixabay

Pesan yang disampaikan tentu bukan sekedar ada dan bisa dibaca saja. Tapi bagaimana menyampaikan suatu informasi yang bersifat persuasif, yang tersusun dalam untaian gambar dan pesan, sehingga desain yang dihasilkan mengundang perhatian, atau dengan kata lain sampai ke audiens. 

Di era internet sekarang ini, desain grafis lebih dikembangkan ke desain komunikasi visual. Yang meliputi media, Jas, fotografi, Periklanan, Elektronik dan banyak lagi yang lainnya. Nah, bagi blogger, desain ini juga sangat penting sekali, karena berkaitan dengan tampilan blog yang dibuat hingga semenarik mungkin. Orang yang berkecimpung di dalamnya dikenal dengan desain web dan pada video di kenal dengan nama video editor.

Tapi mengapa saya sampai membahas desain grafis ini ya? Awalnya saya penasaran dengan gambar hasil editan teman saya di tempat kerja, yang mahir banget menggabungkan dua gambar jadi satu, meng-edit gambar hingga menjadi sesuatu yang beda. Bagi orang awam, tidak akan bisa membedakan gambar itu asli atau palsu, karena secara kasat mata tampak seperti asli, bukan hasil manipulasi.

Di Batam saja, Desain dari desainer yang sangat kreatif ini, bisa kita nikmati pada kafe yang menjamur di sekitaran Batuaji hingga Nagoya. Unsur yang unik pada sentuhan melalui gambar dan juga kata-kata.

Salah satu kafe di Batam dengan desain unik

Semakin tinggi tingkat teknologi, semakin banyak ya ide kreatif yang bisa diciptakan. O,ya, secara perlahan, saya sudah mahir juga mengedit foto dengan hasil editan yang lumayan halus lo. Karena tuntutan kerja juga dan bakat terpendam yang sudah ada sejak SMP. *melayang senang. Jadi pengen belajar banyak lagi tentang desain grafis ini.

Sekian dulu. Ceritanya belum komplit banget sih. But,see ya to the next story ya...


9 komentar:

  1. Balasan
    1. Iya,kalo desain, orangnya harus benar- kreatif.

      Hapus
  2. Hah? Kak Yulia Tahun 92 sudah masuk SMP? Alhamdulillah, awet muda ternyata.. Semoga talenta terpendamnya semakin berkembang ya Kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah tuir emang nisa ya. Nih hobinya mau di asah lagi.
      hehe..awet muda? biasa aja kok nisa.

      Hapus
  3. Saya juga suka mengamati desain grafis yang ada di dinding-dinding cafe. Senang lihatnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama bang, saya malah suka banget.

      Hapus
  4. "Semakin tinggi tingkat teknologi, semakin banyak ya ide kreatif yang bisa diciptakan". Setuju banget dengan ini.

    Semakin eksis manusia, semakin banyak ruang kreatif untuk mendapatkan tempatnya. Keren tulisannya mba.

    Salam
    www.catatantraveler.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks chay. Bener tuh, jangan sampai kita ketinggal jauh di belakang.

      Hapus
  5. Wah perlu ini utk desain blog sendiri. Tp aku kadang suka menyerah kalau mendesain ini... Kudu butuh kesabaran tingkat tinggi.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.