Belajar SEO Sembari Nyantai di D'merlion Hotel

Mempunyai blog pribadi adalah kebanggaan bagi seorang Blogger. Berawal sebagai pengisi waktu luang, catatan keseharian, hobi, hingga mempunyai niche tersendiri. Beraneka ragam cara dan trik dilakukan para blogger, untuk menarik pengunjung kembali ke blog mereka. Seperti menyuguhkan susunan blog yang nyentrik, tata bahasa yang menarik, update barbagai hal dan tempat terbaru, hingga pemberian judul yang menggoda.

Bila salah satu trik di atas berhasil, bisa dibayangkan, viewer blog meningkat tajam, share artikel bertambah, trafik jadi naik, yang secara otomatis meningkatkan PA (Page Authority) dan DA (Domain Authority) blog. Selain itu, brand tertentu akan menghubungi kita untuk menawarkan artikel berbayar/ review dan harus mempostingnya dengan link ke website mereka. Bayarannya cukup lumayan. Jadi pastikan saja, alamat email, dan akun jejaring sosial kita terpajang dengan jelas.

Jangan heran, banyak blogger yang menjadikan blog mereka sebagai lahan basah yang wajib dikelola dengan baik. Awalnya mereka hanya seorang newbie, yang giat searching ke berbagai blog, tekun membandingkan aneka blog dengan berbagai niche, yang akhirnya paham dengan segala tutorial blog. Blogger profesional, sudah pasti bisa diraih. Bagaimana dampak dari semua itu? Hmmm..tidak diragukan lagi, sponsor dan iklan mendekat, yang secara otomatis akan mendrongkak pundi-pundi keuangan seorang blogger.

Lantas, bagaimana mengelola blog dengan benar? Apakah harus SEO? Atau ada trik lainnya?



Belajar SEO



Ngomong-ngomong tentang SEO, Minggu, 19 Februari 2017, komunitas Blogger Kepri atau disingkat BK, menggelar seminar tentang SEO yang diadakan di ballroom D'Merlion Hotel. Acara yang di mulai pukul 09.30 pagi ini, dihadiri sekitar 40-an BK. Admin, senior dan junior, bergabung jadi satu. Topik yang diangkat kali ini adalah "Panduan untuk Pemula dalam Memahami dan Menerapkan SEO"


Belajar SEO
Belajar SEO

Bagaimana dengan narasumbernya? Ia adalah Ammar Satria Dahlan. Seorang dosen Universitas International Batam (UIB), yang juga pendiri Fingerfast Lab. Beliau juga seorang pebisnis multimedia yang melayani jasa pembuatan aplikasi Smartphone, Tablet, Wedding dan lain lain.

Mengapa seorang blogger harus paham dengan SEO? Sebenarnya, apa sih SEO itu?

Mungkin bagi sebagian blogger, kata SEO masih asing di telinga. Mereka hanya fokus menulis, share dan memposting artikel ke media sosial, tanpa peduli, apakah artikel dan tulisan mereka dibaca, atau berada di peringkat berapa.

Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.


Informasi di atas tidak memunculkan nama hotel murah yang ada di Batam. Tapi SEO nya ke lebih ke Agen sebuah situs perjalanan. Jadi, bagaimana sebuah situs bisa berada pada posisi atas situs pencari, itulah SEO.

Namun dari penjelasan Bang Ammar, adakalanya SEO tidak begitu penting. Yang penting adalah bagaimana menampilkan Metadata yang akurat. Metadata? bahasa apalagi ini?

Metadata adalah informasi yang ditanam pada sebuah file yang isinya berupa penjelasan tentang file tersebut.
Misal, kita punya blog, nah informasi inti kan blog itu. Namun, bagaimana dengan informasi yang menjelaskan blog tersebut? (kapan dibuat, keterangan tentang blog, alamat tempat tinggal blogger yang disertai google map serta informasi lainnya). Informasi yang menjelaskan inilah yang disebut Metadata.

Lantas, sekarang bagaimana cara agar posisi website kita dapat berada di halaman pertama dan dapat menarik banyak pengunjung ?

Menurut saya, SEO dan Metadata itu ibarat mencari kerja, kenapa? Karena untuk mendapatkan kerja, kita membutuhkan CV atau resume, referensi dan kemudian terakhir baru wawancara. Bagaimana orang bisa tau kalau tidak ada data yang menjelaskan blog secara tampilan luarnya terlebih dahulu. Baru setelah itu, pengenalan lebih dalam dengan berkunjung ke blog kita.

Ooo..jadi itu poin intinya. SEO dan Metadata. Semua berhubungan erat. Bagaimana cara menampilkan suatu artikel atau suatu informasi di peringkat pertama pada situs pencari.

Ya..ya..ya..Baru tau setelah dapat ilmu dari seminar yang diadakan Blogger Kepri. Oya, acara ini juga di sponsori oleh Solatiket lo. Agen pembelian tiket online dan offline yang bisa dibuka di tweeter dan Instagram @Solatiket.

Tak terasa acara pun berakhir pada pukul 15.00 WIB. Langsung pulang? Tentu tidak. Pihak Managemen D'Merlion Hotel mengajak kita untuk "melihat isi dalam" kamar alias room tour. Asyiik..

Ini yang kedua kali lo saya berada di D'merlion hotel. Sebelumnya September 2016 kemarin, saat pembukaan Dmerlion cafe, "Cozy and Ambience place" yang berada di sisi luar hotel.


6 comments

  1. Belajar SEO lagi dari postingan ini :)

    ReplyDelete
  2. Ulasan tentang SEO nya lengkap!

    ReplyDelete
  3. Betah banget ya kalo belajar SEO yang rumt gitu dengan fasilitas yang enak :D hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru deh pokoknya, ngelmu sambil leyeh-leyeh

      Delete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.