Apa sih Tujuan Awal Ngeblog?

Jujur, awal ngeblog dulu sebatas ingin menyimpan tulisan-tulisan random saya. Dulu, saat sekolah saya paling suka berimajinasi melalui tulisan. Apa yang dirasakan, seketika tertuangkan menjadi satu cerita. Lembaran kertas, notes, diari, halaman belakang buku, adalah media hasil kerandoman saya. Namun sayang, semua lenyap tanpa bekas.

Saat bekerja pun kerandoman masih berlanjut. Sedikit lebih maju, tulisan tertampung di Word. Hingga satu hari, teman saya mengusulkan membuat website, guna menyalurkan tulisan random tersebut. "kalo diuplod online, dipoles dikit, ntar tulisannya banyak dibaca orang lo" kata seorang teman blogger menyemangati saya.

Tujuan awal ngeblog
Tujuan awal ngeblog

Baiklah! Tanpa babibu, satu web gratis, tercipta di Blogger.com. Hingga 6 bulan kemudian berubah menjadi domain sendiri.

Kenapa memilih Blogger? Banyak alasan mengapa memilih platform Blogger. Dan mengapa sampai saat ini saya Masih Betah di Platform Blogger? semua ulasan "why" saya posting di artikel sebelumnya.

Pertama nulis di blog itu, passionnya jelas berbeda dari tulisan random. Di blog, tulisan diposting online, reader bisa darimana saja. pembaca dari berbagai kalangan. Oleh karena itu, pemilihan diksi yang baik jadi prioritas. Bagaimana antara paragraf satu, dua, ketiga dan seterusnya ada kolerasinya.

Sedangkan tulisan random, isi sesuai selera, mau nyambung atau nggak, gak ada urusan, toh yang baca juga kita ndiri. Namanya aja random, ya nggak?

Seiring berjalannya waktu, dari tulisan random berubah jadi sistematis. Saya mulai mikir, apa sih tujuan ngeblog? Kalau cuma nulis dan posting, anak SD juga bisa.

Inti tujuan ngeblog secara umum menurut saya lebih ke penyampaian pesan satu topik yang diangkat melalui tulisan. Bagaimana pesan sampai ke pembaca sekaligus memberi manfaat.

Enam tahun berjalan, saya bisa simpulkan tujuan ngeblog antara lain

1. Menyimpan Tulisan Online

Banyak cara dan tujuan ngeblog, salah satunya menyimpan tulisan online. Apakah itu berupa poto, video, artikel dan lain sebagainya. Ketika ingin membaca ulang, kita bisa ketik judulnya saja, artikel langsung muncul di mesin pencari. Selain itu, menyimpan tulisan di blog, kelak, bisa jadi bahan cerita ke anak cucu.

2. Menambah Pertemanan

Ngeblog selain bisa muncul di internet, juga bisa menambah lingkup pertemanan online dan offline. Saya bisa tahu bermacam tipe blogger dengan keahlian blogging yang mumpuni. Tentu menguntungan, saya bisa menyerap ilmu dari sudut pandang berbeda.

Apalagi ketika bergabung di komunitas blogger nasional, ruang lingkup ilmu lebih luas, pengetahuan jadi bertambah, semangat ngeblog apalagi. So, ngeblog nambah teman blogger dan juga ilmu blogging.

 4. Menambah Income

Ngeblog juga bisa menambah cuan lo. Tak peduli apakah blog baru atau lama, selagi bisa dimonetisasi dengan baik, dan tahu trik dan langkah jitu blogging, adsense akan datang sendirinya. Tidak hanya adsense saja, penawaran job bahkan konten placement juga menghampiri.

Adapun langkah menghasilkan uang menurut saya,

  • Buat blog dengan loading ringan.
  • Create konten blog bermanfaat & menarik
  • Promosikan blog di social media
  • Monetisasi blog.
  • Lakukan audit blog
Tujuan ngeblog tentu berbeda tiap orang, tinggal menyesuaikan kebutuhan, kemana blog kamu akan dibawa.



2 comments

  1. aku lebih ke menyimpan diary dan sharing
    dan nggak nyangka bertahan sampe sekarang, padahal sohib yang ikutan ngeblog juga malah udah ga keurus lagi blognya

    ReplyDelete
  2. Hahaha, kalo saya diarinya entah kemana. Tinggal di kampung sih mba.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.