7 Hal Berbau Korea Paling Digemari di Indonesia

Korean Wave (Hallyu) sangat digemari di Indonesia. Segala sesuatu yang berbau Hallyu, selalu dinanti para penggemar dan menjadi tren.

Hallyu telah menjadi satu fenomena dan ekspor budaya terbesar Korea Selatan. Banyak kaum muda menyasar pasar Korea demi lifestyle. Efeknya sungguh luar biasa, di mana gerakan Hallyu Wave secara tak langsung meningkatkan ekonomi, bisnis dan citra negara Korea di mata dunia.

"Hallyu wave adalah istilah budaya Korea baik berupa K-Pop, drama, film maupun program televisi yang merambah di seluruh dunia".

Budaya Korea
Budaya Korea

Di Indonesia sendiri, ada beberapa hal berbau Korea, yang cukup banyak peminatnya. Apa saja itu?

1. Drama Korea

Drama Korea atau drakor semakin mengglobal seiring dengan tingginya minat masyarakat tentang hal-hal yang berbau Korea. Menghadirkan cerita menarik setiap alurnya, dan bertambah seru dengan adanya plot, seting, karakter dan soundtrack, serta ending yang mengharu biru.

Tidak hanya itu saja, tokoh cakep, imut, glowing dan kharismatik, menjadi point utama para pencinta drakor. Apalagi skill akting mumpuni, yang membuat tingkat kehaluan bertambah berkali lipat. 

Episode drakor pun tak terlalu panjang, berkisar 16-20 episode, kemudian selesai. Uniknya, panjang episode ini, cukup membuat pencinta drakor menikmati prolog, klimaks dan epilog. 

Fakta unik drakor adalah ketika di beberapa adegan, kerap menampilkan budaya tradisional mereka, seperti makanan khas, fashion, aksen hingga tata krama. Secara tak langsung, penonton bisa mengambil pesan positif, tanpa harus diucapkan sekalipun.

Selain itu, lokasi pariwisata Korea juga kerap dinampakkan pada set adegan, sebagai promosi terselubung pariwisata Korea.

Pencinta drakor tidak hanya menyasar kaum muda saja, tapi emak-emak berdaster seperti saya, masih suka drakoran lo.

Sinetron Korea pertama yang saya tonton adalah Winter Sonata, kemudian berlanjut Full House, Autum in My Heart dan My Lovely Sam Soon.

Drama percintaan yang diperankan oleh Kim Sun-Ah dan Hyun Bin di My Lovely Sam Soon, sekaligus membawa saya menjadi penggemar Hyun Bin hingga sekarang.

Drakor lama pun tetap nikmat ditonton ulang, seperti Full House, Secret Garden, Goblin, Sky Castle, Pricess Hours, Crash Landing on You dan masih banyak lainnya.


2. K-Pop

Sekarang siapa yang gak kenal idols BTS, Super Junior, Exo, Girls Generation di Indonesia? Saya yang awalnya gak tau BTS, gegara anak suka, malah jadi hafal semua personelnya. Eh!

Hallyu Wave meningkat seiring popularitas K-Pop di tanah air. Indonesia adalah pangsa pasar terbesar industri K-Pop. 

K-Pop atau Korean Pop, menjadi inspirasi munculnya boyband baru di Indonesia. Sayangnya, boyband Indonesia banyak yang tenggelam, bahkan nyaris bubar setelah beberapa single mereka laku di pasaran. 

Beda dengan Boyband Korea, untuk menjadi seorang idol, mereka harus trainee selama beberapa tahun. Disiplin tinggi, under pressure, menempa Boyband Korea, hingga tahan banting di industri musik K-Pop. 

Selain itu yang menjadi ciri khas musik K-Pop adalah keindahan koreogafi pada setiap video musiknya. Belum lagi sex appeals idols Korea membuat kaum hawa makin klepek-klepek. Wajar, di setiap konser idol K-Pop di Indonesia, banyak diserbu Kpopers.

Beberapa lagu idol K-pop pernah bertengger di Billboard Amerika. Sebut saja Psy dengan Gangnam Style, serta BTS, Dynamite.

Kalau ditilik ke belakang, tahun 90 an, K-Pop mulai masuk di Indonesia. Yang saya tahu sebelum era Super Junior, SNSD dan BTS, ternyata band J.T.L sudah duluan menghiasi industri K-Pop.

Siapa yang gak kenal lagu My Lecon (Enter the Dragon) milik J.T.L?

Non.. gyomane gadug cha du nunur garin che jo hanurur hyanghe du pharur podo bojiman. Non irur su obso to dahur su obso, hohwang doen jaman shim non onjena gu jariya.

Dulu, lagu ini sering banget di putar di televisi, radio, bahkan bis kota saat saya masih sekolah. Pikir saya, ini boyband asal Jepang, ehh...ternyata boyband Korea. Malangnya, saya baru tahu di era Super Junior booming.


3. Korean Food

Menu khas negeri ginseng yang mengunggah selera, selalu jadi andalan di setiap scene drama Korea. Sebut saja, Kimchi, Kimbab, Tteokbokki, Bulgogi, Taco, Bibimbap dan banyak lagi yang lainnya.

Masakan Korea menjadi tren tatkala banyak review positif dari berbagai kalangan. Semakin tren, tatkala banyak idols Korea, menggunggah menu favorit mereka melalui media sosial.

Dari pandangan saya, masyarakat Korea itu peaky eater. Mereka cenderung memakan makanan yang difermentasi seperti Kimchi, yang ternyata juga makanan paling sehat nomer 1 di dunia. Selain itu, mereka juga memilih makanan yang berperan sebagai obat. Wajar ya, orang Korea sehat dan glowing.

Seiring meningkatnya permintaan kulinari Korea Selatan, restoran Korea mulai menjamur di setiap sudut Mall di Indonesia. 

Kamu suka masakan Korea yang mana nih?


4. Kosmetik

Banyak wanita Indonesia menginginkan kulit glowing ala wanita Korea Selatan. Terutama kulit pada wajah. Apa sih skin care mereka?

Orang Korea suka merawat kulit, baik wanita maupun pria. Bagi mereka kulit bukan sebuah tanggung jawab, tapi sebuah ritual. Mereka rela menginvestasikan waktu dan uang untuk mendapatkan kulit glowing. Walau sebenarnya, kulit asli mereka putih dan bagus dari sononya.

Orang Korea suka mengkonsumsi makanan sehat, yang merupakan faktor pendukung kulit sehat dan glowing.

Selain itu, skin care routine mereka adalah yang terbaik saat ini. Mulai dari Moisturizer, Serum, Essence, Toner, Cleansing Oil, Sheet Maaks, Sleeping Mask, Cream, dll.

Kebanyakan komposisi produk skin care KorSel terbuat dari bahan alami berkualitas yang tergolong bagus dan menyehatkan. Selain itu harga cukup terjangkau, saat gajian. Hehe..

Beberapa brand kosmetik Korea antara lain Innisfree, Benton, Sulwhasoo, Etude House, Laneige, Missha, Some by me, TonyMoly, dll

Kamu pakai yang mana ni friends?


5. Fashion

Saat ini Seoul menjadi pusat fashion terbesar di Asia, setelah Shanghai, Singapore dan Jepang.

Fashion Korea menjamur di Indonesia. Pernah gak sih nyari baju trus bilang, "yang ala-ala Korea gitu deh"

Karena sedang tren dengan hype saat ini, banyak kaum muda berkaca pada tren berkembang, biar dianggap keren.


6. Bahasa

Bahasa Korea satu persatu bisa diserap pada setiap drama dan lirik lagu K-Pop. Beberapa kali lewat di beranda medsos saya, banyak gen Z yang menyapa teman dengan annyeong, atau sapaan terima kasih kamsahamnida.

Banyak warga Indo ingin mempelajari bahasa Korea, agar lebih memahami dialog drakor dan lirik lagu K-pop.

Kursus bahasa Korea  menjamur. Tak sedikit pencinta Hallyu yang langsung ke on the spot, agar lebih dekat dengan Korea.


7. Oppa Korea

Yang terakhir, jangan lupakan oppa -oopa Korea. Tinggi, putih pastinya ganteng. Walau sekilas wajah hampir sama, dan tampak kurang sedikit manly, namun mereka wajib militer lo. 

Jangan salahkan tingkat kehaluan gadis pecinta oppa-oppa ketika roti sobek tak sengaja terlihat, bikin halusinasi tingkat tinggi ini mah. 

Belum lagi senyum manis dan gaya pakaian yang fashionable, waduh..nikmat mana lagi yang engkau dustakan.. payungan berdua di bawah hujan yuk bang..


Nah itu lah, beberapa budaya Korea yang laris manis di Indonesia. Sesungguhnya, mencintai budaya asing boleh saja, tapi tetap hwaiting budaya sendiri ya...

25 comments

  1. Semuanya aku sepakat kecuali no 2. Gk ngerti blas K-Pop
    Biasa dg drakor
    Hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha,...saya awalnya gak gitu juga ama K-pop, gegara anak, jadi tau aja

      Delete
  2. Winter Sonata happening banget, seperti pembuka munculnya kembali drakor drakor yang bagus bagus
    sepertinya memang Korea dijadikan kiblat fashion atau make up ya, karena hampir semua brand yang ada di sini juga dari Korea

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awal mula drakor winter sonata kek nya, trus laris manis di pasaran, nah adari situ tuh, mulai muncul drakor berkualitas lainnya. Drakor berhasil, mulai deh promo dari ujung rambut ampe ujung kaki.

      Delete
  3. Anakku penggemar korea , aku gak suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya lebih ke drakor sih mba,. Iya, betul bangett mba, anak2 pecinta k-pop nih

      Delete
  4. Aku termasuk yg sukaaaaa bgt Drakor, kuliner dan skincare Korea ❤️❤️. Padahal awal2 aku ga terlalu suka dengan segala yg berbau Korea. Pas DTG ke sana, juga bukan Krn kepengin, tapi Krn mikirnya mumpung aku ke jepang, dan Korsel lebih Deket kalo dr Jepang, jadi pasti tiketnya murah. Itu doang 🤣. Eh malah jatuh cinta. Trus 2019 dapat kesempatan ke Korut sekalian, jadi makin sukaaaa dengan 2 negara yg saling musuhan ini 😅.

    Skincareku juga ga bisa lepas dari brand Korea. Udah telanjur cocok. So far aku udh hampir 2 THN pakai rangkaian Cosrx. Udh susah mau ganti ke brand lain, takut malah ga cocok 😄.

    ReplyDelete
  5. Wah, udah langsung ke on the spot ya mba, enak banget pasti .tuh, Jepang, Korsel, Korut, mantap jiwa.. Semua berbau Korea Hahaha, jadi love ya mba ama Korea,

    ReplyDelete
  6. Hahaha setuju banget aku fams song seung heon, won bin dan hyun bin duh kangen drakor jadul. Aku pengen deh liburan ke korea selatan dan dateng ke tempat wisata ala drakor wkwk

    ReplyDelete
  7. Dari beberapa hal tentang korea, aku cuma ngikutin drakor sama kulinernya aja wkwk. Kalau drakor juga yg ringan aja kaya romantic comedy, biar ga pusing karena tujuan nontpnnya buat healing wkwk. Kalau makanan Korea paling PRnya halal/nggak nya aja ^^

    ReplyDelete
  8. Hihi kak Yulia bisa aja nih, oppa Korea jadi item tersendiri. Iya sih, pamornya naik apalagi sejak Maudy Ayunda dipinang Oppa juga

    ReplyDelete
  9. Yang bikin salut itu karena selain artist, tapi bukan sembarangan artist. Paling enggak Englishnya jago dan wawasannya luas. Kualitas nomor satu dibalut dengan good looking, sempurna deh jadinya.

    ReplyDelete
  10. wahahhahah Drakor aku banget tuuhhhh, udah jadi media hiburan dan healing banget siyyyyy

    ReplyDelete
  11. Setuju bangetttt sama semuanyaa! Hahahaha. Aku juga cocok banget pake beberapa skincare Korea, jadi lebih sering beli produk Korea deh wkwk. Yang aku kurang ikutin tuh Kpop sama belum pernah belajar bahasa Korea nihh.

    ReplyDelete
  12. Kalau aku paling digemari Drakor, food, sama pengen belajar nahasa Korea. Menarik kayaknya. Cuma belum tahu bagaimana belajarnya

    ReplyDelete
  13. Hihi gak bisa dipungkiri korea ini selalu punya daya tarik trsendiri ya, aku awal2nya yg gak suka eh malah jadi suka nonton dramanya padahal dlu itu bisa dikatakan jarang sih. Tapi makin ke sini ada2 aja dramanya yg selalu gak pernah bosan buat ditonton

    ReplyDelete
  14. Kalau daku iya dramanya itu sesuatu. Sampai sekarang pun masih suka bolak balik nonton The Great Queen Seon Deok sama Taxi Driver, padahal udah berapa kali nonton haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ngebosenin ya nontonnya, karena episodenya gak terlalu panjang sih, jadinya storynya langsung berkesan.

      Delete
  15. Oppa korea dan drama korea adalah dua hal yang kusukai, hehehe. Melihat keduanya bikin hati bahagia

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha salah satu nikmat mata ya kak, selalu condong ke yang manis, ganteng, menarik pokoknya manly la, bahagia banget nih hati. hehe

      Delete
  16. karena korea emang menarik sih ya makanya banyak yang suka mulai dari anak remaja sampai kita emak-emak termasuk saya, hehehe. tapi saya cuman suka drama dan kpopnya aja, kalo kulinernya gak, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya suka drakor ama skin care aja kak, K-POP paling ngikutin dikit-dikit

      Delete
  17. yg saya ingat dg drakor nya----- kenapa wajahnya pada sama sama semua ya.... sehingga sulit bagiku untuk membedakannyah

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya awalnya juga gitu kak, tapi keseringan lighat, jadi tau bedanya.

      Delete
  18. Cuma ngikutin beberapa drakor yang episodenya pendek-pendek. Saya ndak kuat kalo ketagihan nonton terus, Mbak. Bisa lupa waktu. Hehe

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.