Blogger Versi Saya Menginspirasi.

Banyak orang menilai blogger dari berbagai versi. Namun bagi saya blogger itu MENGINSPIRASI. Kenapa?

Seorang blogger tidak hanya menulis untaian kata perkata tanpa makna. Bukan mengarang bebas layaknya anak SD bercerita. Dan bukan pula menceritakan derita demi derita.

Mereka menulis sesuai fakta yang bisa dipertanggungjawabkan. Bagaimana cara mereka menyampaikan pesan melalui rangkaian kata yang teruntai sistematis, maupun via bahasa keseharian.

Seorang blogger bisa menjadikan konten biasa menjadi cerita luar biasa. Mereka juga bisa mengubah cara pandang pembaca tentang satu topik, hingga pemikirannya lebih terbuka. 



Salah satu contoh, konten parenting dalam hal mendidik anak.

Saya ibu dengan sepasang anak yang menginjak remaja. Lahir di tahun 2009 dan 2013. Mereka hidup dan besar sudah ditemani teknologi.

Sedangkan saya, hidup dan menikmati masa kecil hingga remaja, rentang tahun 80-90 an, di mana WA, Youtube, Instagram, Facebook, Tiktok belum meracuni otak.

Pola asuh tentu berbeda. Dulu, manut pada orangtua wajib hukumnya, walau bertentangan dengan hati nurani. Positifnya, saya tetap respek sama orangtua.

Sekarang, menuntut anak manut orangtua, harus dengan pendekatan rasional. Dimarahi, alih-alih takut dan manut, yang ada anak cenderung berontak. Saya pikir, edukasi yang saya dapat semasa kecil, gak relevan lagi saya terapkan ke anak-anak.

Pola asuh perlu pembaharuan layaknya teknologi yang berkembang dari tahun ke tahun. 

Lantas, bagaimana menyikapinya?

Gak sedikit blogger menuangkan keluh kesahnya di blog, maupun WAG, terkait permasalahan anak. Bagaimana bonding yang baik antara anak dan orangtua di era digital, bagaimana menyikapi prilaku dan cara bergaul anak yang digempur medsos dari segala penjuru. Hingga cara mengeksplor bakatnya.

Semua "daging" banget. Sangat menginspirasi saya. Minimnya informasi parenting di tengah kesibukan kerja, menjadikan cakrawala saya lebih terbuka, skill dan wawasan lebih terasah mengenai parenting ke depannya. 

KILAS BALIK MEMULAI BLOGGING

Sebelum terjun ke dunia blogging, apa yang dinamakan blog, blogger, niche, semua gak paham. Bahkan platform untuk free register blogging aja, saya gak tau. 

Lucky me, April 2016, Teh Lina Sasmita mengenalkan saya dunia blogging, yang akhirnya membawa saya mendapat julukan blogger sekarang ini. #BanggaJadiBlogger

Pada hakikatnya seorang blogger adalah mereka yang mempunyai blog, baik gratisan maupun berbayar, dan menghasilkan tulisan/konten, serta mempostingnya, pada blog. Bisa berbentuk tulisan, ide, video, maupun jurnal.

Saya anggap blog adalah rumah kedua saya. Di mulai dari blog gratisan, kemudian bermigrasi menjadi domain sendiri. Konten pertama berisi curhatan hati dan realita kehidupan yang saya alami.

Saya pun mulai bergabung dengan beberapa komunitas blogger lokal dan nasional. Salah satu komunitas blogger nasional tersebut adalah Bloggercrony Indonesia.

Komunitas Bloggercrony memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional.

Komunitas Bloggercrony Indonesia, juga salah satu yang menginspirasi saya. Baik melalui artikel di situs resmi www.bloggercrony.com atau pun via job-job twitter yang dibagikan.

Bergabung di Bloggercrony, membawa berkah tersendiri. Selain menambah jaringan pertemanan sesama blogger Indonesia, ilmu seputar blogging lebih banyak terserap jika berada dalam komunitas yang sama. Di situ saya merasa benar-benar #banggajadiblogger, terutama dalam komunitas bloggercrony.

Job satu persatu mulai didapatkan, mulai monetisasi blog, walau belum sesuai target yang diharapkan. 

Saya masih terus belajar dan berkaca pada beberapa teman blogger, terutama mom blogger. Di mana mereka sebagai karyawan, punya anak kecil, tapi masih bisa menghasilkan konten menginspirasi.


MENGAPA BLOGGER MENGINSPIRASI?

Blogger bisa menginspirasi jika tulisan yang dihasilkan mengandung manfaat besar bagi pembacanya. Makanya blogger perlu melakukan riset tentang artikel yang diposting, agar bisa dipertanggungjawabkan.

Blogger apa saja yang menginspirasi saya.

1. BLOGGER PARENTING

Konten parenting banyak sekali peminat, terlebih blogger yang mengangkat tema, cara mendidik anak.

Parenting blog dapat memberikan saran dan informasi yang sangat berharga, tentang pola pengasuhan anak. Sharing dan bertukar ide pada pada WAG dan blog, saya merasa menjadi bagian dari komunitas orangtua yang lebih luas. Di sini saya dan mom lainnya, merasa punya problematik yang sama, yakni berjuang membesarkan anak.

2. BLOGGER PEMENANG LOMBA

Selalu salut dengan blogger pemenang lomba. Menghasilkan konten berkualitas, tidak semua blogger bisa. Beda dengan jawara lomba blog. Artikel berkualitas, bisa menang lomba, dan berada di page one, membuat saya terpacu memperbaiki diri.

Saya paling sering membaca blog pemenang lomba. Yang jadi titik acuan saya, apa yang membuat blogger ini layak jadi pemenang. ini di luar konteks sang blogger femes atau tidak ya, namun kebanyakan, memang kualitas tulisan dan relevansi tema yang diangkat, itu yang membuat jawara lomba ini beda dengan lainnya.

3. BLOGGER JAGO CODING

Berkutat dengan website, blogger berhadapan dengan kode-kode yang mendukung tampilan blog. Blogger jago coding salah satu yang juga menginspirasi saya. Ia bisa mengubah tampilan blog jadi eye catching melalui tangan lihai mengutak atik kode-kode yang rumit menurut saya.

4. BLOGGER SERBA BISA

Terakhir, blogger serba bisa. Blogger ini cenderung menjajal apa saja selagi sesuai dengan passionnya. Ya jadi blogger, vlogger, youtuber, bisnis, semua dijabanin. Inspirasi buat saya, segitu pintarnya membagi waktu dengan jadwal padat merayap, dan semua bisa tuntas.

Nah, itulah blogger versi saya yang sangat menginspirasi saya dalam mengembangkan diri dalam dunia blogging. Terutama ketika bergabung dengan beberapa komunitas, seperti Bloggercrony.

Yang mau bergabung dalam komunitas Bloggercrony, boleh banget tu

Websitenya: https://www.bloggercrony.com.

Twitter: https://twitter.com/bloggercrony

Instagram : https://www.instagram.com/bloggercrony






2 comments

  1. semangat berkarya untuk para blogger :D

    ReplyDelete
  2. dengan berkabung di komunitas blogger juga auto jadi banyak temen dan jadi tau nama nama ini lebih ke niche apa, jadi hapal gitu

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.