Kemudahan Pesan Ojek dan Makanan Online via Gojek

Saya jadi teringat waktu pertama kerja di Batam beberapa tahun lalu. Pulang pergi kerja, mengandalkan ojek pangkalan yang berjarak 100 meter dari tempat kos saya.

Awalnya saya tak berani naik ojek karena canggung berboncengan dengan orang yang tak dikenal. Selain itu, saya juga takut dibawa kabur.

gojek
pesan gojek dan makanan online via gojek

Maklum lah, baru 6 bulan di Batam dan tinggal di lingkungan baru, membuat tingkat kewaspadaan saya naik berkali lipat. Apalagi di kampung, saya juga gak pernah sekali pun naik ojek.

Waktu itu, taksi opsi terbaik menuju tempat kerja. Saya pikir, taksi Batam lebih aman, karena kebanyakan isinya pekerja. Ya, taksi Batam tidak seperti taksi yang dikelola satu perusahaan. Berplat kuning, ada logo dan nama perusahaan. Di Batam taksi adalah mobil sedan pribadi, citarasa metro mini, dikenal dengan istilah "taksi bodong".

Kenapa begitu? Biasanya ketika naik taksi, penumpang pertama adalah penghuninya sampai ke tujuan. Di Batam sedikit berbeda, selagi kursi masih kosong, bisa diisi orang lain, asal rute yang dituju satu arah.

Singkat cerita, setelah beberapa bulan naik taksi, saya mulai lelah jalan kaki sendirian. Atas saran teman, saya mencoba naik ojek. Toh, selama ini teman saya fine fine aja, bahkan terlihat santai menikmati waktu paginya.

Berawal tak biasa, akhirnya mulai terbiasa. Saya mulai memberanikan diri naik ojek, walau rasa was-was tetap ada. Bayaran perbulan jadi opsi saya dengan bapak ojek berusia setengah baya, yang sering mangkal di depan komplek. Kebetulan bapak tersebut, sudah lama ngojek dan paham wilayah Batam.

Saya juga memanfaatkan jasa beliau, jikalau saya dan teman ingin makan sesuatu, tapi malas ke luar rumah. Untungnya beliau sigap jika ada yang membutuhkan jasanya. Tentunya, harga sesuai nota makanan plus ongkir.

Oiya, dari si bapak ojek, saya jadi tahu, jika tidak ada kasus tragis seperti yang saya takutkan. Kalau pun ada, mungkin bukan ojek pangkalan, bisa jadi orang jahat yang memanfaatkan situasi berpura-pura jadi driver ojek, demi menangkap mangsanya, kata si bapak lagi. Syukur Alhamdulillah.

OJEK TRANSPORTASI SEMUA KALANGAN

Dari sekian banyak transportasi umum, bus, metromini, taksi dan lain sebagainya, ojek merupakan transportasi massa yang mudah dijumpai.

Lihat saja di pasar, luar gerbang mall, di depan hotel, depan komplek perumahan, ojek selalu stand by berbaris rapi menunggu penumpang. 

Sama seperti biskota, ojek sering dikaitkan dengan transportasi menengah ke bawah. Padahal, ojek dipakai semua kalanganyang membantu pengguna cepat sampai tujuan, tanpa harus menunggu, apalagi berdesakan dengan penumpang lain. 

Dari yang sudah saya alami, ada beberapa keuntungan naik ojek, di banding transportasi darat lainnya.

1. TERHINDAR DARI MACET

Walaupun Batam bukan kota besar, tapi puncak kemacetan saat jam kerja kerap terjadi. Apalagi saat last minutes, dan dikejar meeting pagi yang harus dihadiri. Memilih naik ojek, satu alternatif terbaik terhindar dari kemacetan. Hal ini dikarenakan, ojek bisa melewati jalan tikus, yang tentunya lebih cepat sampai ke tujuan 

2. HARGA BISA NEGO

Biasanya transaksi harga antara penumpang dengan abang ojek terjadi sebelum penumpang diantar ke tempat tujuan. Adakalanya tarif yang digunakan abang ojek sesuka hati. Asyiknya jika didapati tarif tidak normal, penumpang bisa negosiasi dengan driver. Jika deal, lamgsung diantar ke tempat tujuan.

3. DOOR TO DOOR

Jika memilih naik bus, hanya sampai halte dan harus berjalan kaki sampai ke rumah. Ini akan jadi masalah, jika kamu membawa barang berat. Naik taksi pun namun terkendala argo yang tinggi. Pilihan hemat terbaik adalah naik ojek, diantar sampai rumah, namun dengan harga yang tak menguras kantong.

TRANSPORTASI ONLINE DI ERA DIGITAL

Tingginya jumlah pendatang baru di Batam, berbanding lurus dengan kemunculan angkutan massa seperti busway, bus damri, taksi resmi dan lain sebagainya.

Sayangnya, mobilitas yang tinggi tidak semua orang dapat mengaksesnya. Hal ini dikarenakan angkutan tersebut, hanya melewati rute tertentu dengan jam yang ditentukan. Alhasil, tidak fleksibel dan boros waktu.

Masalah transportasi tidak hanya terjadi di Batam saja. Di kota besar pun, masalah yang sama, menjadi kendala sebagai akibat mobilitas yang tinggi dalam memenuhi kebutuhan hidup. 

Terlebih di era digital sekarang, masyarakat butuh satu mode transportasi yang bisa memenuhi kebutuhan secara cepat, aman dan bisa diakses di mana saja dan kapan saja. 

Syukur, di era digital, di mana telah tersedia mode transportasi online yang tidak hanya menyediakan layanan transportasi saja, namun juga menyediakan layanan kebutuhan lainnya. 

Salah satu aplikasi layanan online tersebut adalah Gojek.

                        MENGENAL GOJEK LEBIH DEKAT 

Gojek adalah salah satu layanan transportasi online, yang melayani pelanggan dengan berbagai kemudahan, yang bisa diakses hanya melalui smartphone.

Layanan teknologi Indonesia ini, dibentuk tahun 2009, dengan ketersediaan layanan berupa motor dan mobil, yang melayani mulai short trip, middle trip bahkan long trip via door to door.

Aplikasi Gojek tidak hanya melayani transportasi Goride dan GoCar saja, tapi juga tersedia layanan GoFood, GoSend, GoMart, GoPulsa dan GoPayLater pada home aplikasinya.

Asyiknya lagi, layanan Gojek melayani pelanggan 24 jam non stop di mana saja dan kapan saja, dengan pilihan pembayaran sesuai aplikasi secara tunai atau GoPay.

Pengguna dapat memilih lokasi penjemputan, tujuan, serta mode transportasi yang diinginkan melalui aplikasi, sekaligus memantau lamanya kedatangan pada map yang tersedia.

Selain itu ada riwayat transaksi, penilaian dan bonus kepada driver ojek, setelah transaksi selesai.

PENGALAMAN MENYENANGKAN SAAT MEMESAN OJEK DAN MAKANAN ONLINE

Sebagai pengguna aplikasi Gojek yang cukup lama, banyak pengalaman menyenangkan yang saya rasakan, ketika memesan ojek dan makanan online.Terlebih, ketika mendapat promo. Tarif bisa jauh di bawah harga normal. Tentunya satu berkah bagi saya.

Pernah suatu waktu, saya yang rutin pergi dan pulang kerja menggunakan ojek online. Pada aplikasi tertera tarif setengah dari harga normal. Senyum merekah, sambil bergumam, lumayan, rejeki mamak solehah. 

Pernah juga saat pesan makanan online. Anak-anak paling suka memesan ayam goreng pada salah satu francise di aplikasi Gojek. Suara Gofooood dari abang ojek, laksana keceriaan menunggu mak pulang kerja. 

Seringnya dapat potongan 20.000 rupiah, plus kesopanan dan senyum manis abang gojek, akibat seringnya melakukan transaksi online, khususnya Gofood.

Yah, mak pekerja kayak saya, kadang capek, lelah pulang kerja, maunya cari yang simpel, biar tenaga bisa di savePesan makanan online atau GoFood solusi terbaik ketika mager melanda.

Yah..itulah kenikmatan saat memesan makanan online. Sambil tiduran, leyeh-leyeh, pesan, trus datang deh. Hemat waktu, tenaga, anak-anak pun senang.

Di bawah ini saya rangkum, apa saja asyiknya memesan makanan dan ojek online pada aplikasi Gojek?

Bisa dipesan dari rumah

Layanan Gojek sama seperti ojek kebanyakan, menggunakan sistem door to door. Saya cukup memesan ojek dari rumah, dengan menekan tujuan yang diinginkan. Abang ojek akan datang sesuai titik koordinat GPS yang saya tentukan.

Fleksible

Biasanya saat pemesanan, sistem navigasi akan mencari titik kordinat ojek terdekat, sehingga hemat waktu dan tak perlu menunggu lama, menjemput atau mengantarkan makanan.

Tarif Sesuai Aplikasi

Pada aplikasi GoJek, tarif sudah ditentukan secara otomatis. Tidak ada negosiasi atau biaya tambahan di luar harga tertera. Saat pemesanan ojek, akan dihitung perkilometer plus biaya admin. Sedangkan GoFood, tarif sesuai harga dan juga biaya admin. Pembayaran bisa secara tunai atau GoPay.

Ada Promo

Paling suka kalau dapat promo pas oder makanan atau layanan ojek. Pernah beberapa kali dapat promo ojek, harga normal biasanya 10.000 waktu itu bayar hanya 1000 rupiah saja. Belum lagi GoFood yang pernah promo hemat 20.000 rupiah.

Tersedianya Riwayat Transaksi

Data penumpang dan pengemudi, serta riwayat perjalanan tersimpan dalam aplikasi. Rute perjalanan akan dipantau oleh sistem navigasi sebagai sistem keamanan pelanggan. So, berkendara jadi aman, kejahatan bisa diminimalisir.

         Cara Pesan GoRide

  • Instal aplikasi GoJek
  • Buka aplikasi GoJek, pada home pilih Goride
  • GPS akan mencari kordinat lokasi automatik
  • Masukan tujuan pada kolom "cari lokasi tujuan
  • Aplikasi akan menampilkan lokasi tunggu dan lokasi yang dituju.
  • Jika sudah sesuai, pilih metode pembayaran, tunai atau GoPay.
  • Tekan Pesan atau order
  • Driver terpilih akan ditampakkan foto, nomor plat motor, dan lokasi berada.
  • Biasanya driver chat penumpang, apakah posisi sesuai aplikasi.
  • Jika OK, driver meluncur untuk menjemput dan diantar ke tempat tujuan.
order goride
cara pesan goride


        Cara Pesan GoFood

  • Install aplikasi Gojek
  • Buka aplikasi GoJek, pada home pilih GoFood.
  • GPS akan mencari kordinat lokasi automatik.
  • Pada kolom "makan apa hari ini" cari opsi pesanan agar lebih cepat 
  • Restoran akan menampilkan menu yang available hari ini.
  • Plih menu yang di pesan.
  • Jika sudah sesuai, pilih metode pembayaran, tunai atau GoPay.
  • Driver terpilih akan ditampakkan foto, nomor plat motor, dan lokasi berada.
  • Driver akan menuju restoran pemesan.
  • Driver segera mengantar makanan sesuai pesanan.
  • Suara Gofoood di depan rumah, menadakan pesanan telah tiba.

 

order gofood
cara order gofood


Tak ada kenyaman dan keseruan dalam menggunakan aplikasi online GoJek, simple bisa digunakan di mana saja dan kapan saja selama kuota internet tersedia.

1 comment

  1. aku termasuk sering pesen makanan online lewat gojek, bener bener membantu banget pokoknya
    tinggal top up dan kalau pake gopay sering dapat diskon ongkir

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.