Jumat, 16 September 2016

Amalan dan keutamaan bulan Dzulhijjah

wallpapersxl.com
Idul Adha disebut juga hari raya kurban atau hari raya haji. Jatuh di bulan Dzullhijjah 1437H atau 12 September pada kalender Masehi tahun ini. Asal muasal disebut Hari Raya Kurban yaitu pada zaman Nabi Ibrahim,keluarlah perintah dari Allah SWT melalui mimpi Nabi Ibrahim, untuk menyembelih Ismail yang tidak lain adalah putranya sendiri. Perintah dilaksanakan oleh Nabi Ibrahim, namun tatkala kapak akan diayunkan ke leher Ismail, seketika dengan kuasa Illahi, Ismail digantikan dengan seekor sapi. Karena itulah Idul Adha disebut juga Hari Raya Kurban.

Pada bulan Dzulhijjah ini, seluruh dunia berlomba mengumandangkan takbir, Tahmit dan Tahlil. Banyak umat muslim yang larut dalam kegembiraan, tapi tidak sedikit juga yang merasa sedih karena telah kehilangan sanak saudara, yang tahun kemarin masih berkumpul ditengah-tengah mereka.

Dalam Islam, bulan Dzulhijah memiliki keistimewaan. Banyak amalan-amalan sunnah yang yang sebenarnya sangat baik untuk dilakukan oleh umat muslim. Apa aja sih amalan sunnah itu :

Melaksanakan Ibadah Haji
Ibadah haji ini hanya bisa dilakukan pada bulan Dzulhijjah ini saja. Tidak ada bulan lain untuk pelaksanaan ibadah haji. "Menunaikan haji bagi yang mampu" merupakan pelaksanaan dari rukun Islam yang ke 5. Ganjaran haji bagi yang mabrur sangat besar. Nabi Muhammad SAW. bersabda, “Dari umrah ke umrah adalah tebusan (dosa-dosa yang dikerjakan) di antara keduanya, dan haji yang mabrur balasannya tiada lain adalah surga.”


Puasa Arafah
Pada 10 hari bulan Dzulhijjah ini, kita di sunnahkan berpuasa, atau setidaknya puasa 1 hari di hari arafah. Sebagaimana dikutip pada sebuah hadist:
“Berpuasa pada hari Arafah karena mengharap pahala dari Allah melebur dosa-dosa setahun sebelum dan sesudahnya”. (HR. Muslim)

"Tiada hari yang lebih di cintai Allah ta'ala untuk berbuat suatu amalan yang baik dari pada hari-hari ini yaitu sepuluh hari Dzul Hijjah, para sahabat bertanya," wahai Rasulullah, tidak pula dengan jihad fii sabilillah? Rasulullah menjawab," tidak, tidak pula jihad fii sabilillah, kecuali jika ia keluar dengan jiwa dan hartanya, kemudian ia tak kembali lagi". (Shohih Bukhori, 969)

Bertakbir dan Berzikir
Karena bulan ini istimewa, maka sangat dianjurkan memperbanyak bacaan Takbir Allaahu akbar, Tahmit Alhamdulillah dan Tahlil Laailaahailallaah.

Perbanyaklah Amal Shalih
Seperti sedekah, memperbanyak shalat sunnah, berjihad, membaca alquran dan juga melakukan perbuatan yang baik-baik, sangat di anjurkan pada bulan ini. Bukan berarti selain bulan ini kita tidak melakukan hal seperti di atas, cuma pada bulan ini pahalnya lebih besar saja.

Berkurban
Berkurban sangat disunnahkan dan merupakan syariat dan sunnah dari nabi Ibrahim as,dan nabi Muhammad SAW, bisa dengan sapi, domba atau kambing.


Melaksanakan shalat Iedul Adha dan mendengarkan khutbahnya
Baik laki-laki, wanita, anak-anak bahkan bagi wanita haid sekalipun, muslim,  sangat dianjurkan untuk datang pagi dan mendengarkan kutbah Idul Adha.


Bagaimana dengan kita sendiri? Apakah ada minimal satu saja amalan baik pada bulan ini yang telah kita lakukan? Tentu hanya kita dan Yang Maha Tahu saja yang tau.






0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.